Thursday, March 21, 2019
Lifestyle

WHO: Tiga dari empat orang di Turki alami obesitas

[ilustrasi obesitas]
81views

TURKINESIA.NET – ANKARA. Hampir tiga dari setiap empat orang di Turki tidak aktif dan kelebihan berat badan, sebuah laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini dikirim ke Parlemen Turki.

Laporan itu mengungkapkan bahwa orang Turki rata-rata berolahraga kurang dari 150 menit seminggu, ambang batas yang ditetapkan oleh WHO, dan jumlah orang gemuk telah meningkat.

Tufan Nayır, dalam presentasinya di Parlemen, mengatakan: “Ada 7,5 juta orang gemuk di Turki sementara 2,4 juta menderita obesitas mengerikan. Ada wabah obesitas yang mengancam dunia, dan Turki tidak berbeda. Persentase masa kanak-kanak obesitas juga meningkat.”

Laporan itu juga mengindikasikan bahwa obesitas telah menjadi salah satu penyakit paling luas di Turki, menelan biaya negara lebih dari 70 juta Lira Turki ( 13 juta USD) untuk mengobati penyakit yang berhubungan langsung dengan obesitas.

Nayır mengklaim bahwa alasan terbesar peningkatan jumlah orang gemuk dan kelebihan berat badan adalah konsumsi makanan cepat saji yang tersebar luas.

“Kita tidak dapat berbicara tentang perjuangan melawan obesitas kecuali jika kita menyediakan lingkungan hidup sehat yang diperlukan,” kata Nayr, mengutip kurangnya produk sehat di toko bahan makanan.

“Di Kanada, tidak boleh ada lebih dari 10 gram gula dalam soda, tetapi di Turki Anda dapat menemukan soda dengan 23 hingga 40 gram gula di dalamnya,” katanya. Nayr menyerukan pemerintah untuk memperkenalkan peraturan untuk untuk mempromosikan kebiasaan makan yang lebih sehat.

Nayir juga mengatakan bahwa sembilan dari setiap 10 orang di Turki berisiko terkena kanker, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

“Menurut WHO, orang tidak boleh mengkonsumsi lebih dari 5 gram garam sehari tetapi rata-rata di Turki mengkunsumsi 9 gram perhari. Enam dari setiap 10 orang mengkonsumsi diet tinggi lemak. Singkatnya, kita tidak makan dengan sehat,” kata Nayır.

Menurut WHO, setidaknya 2,8 juta orang meninggal setiap tahun karena obesitas. [Daily Sabah]

Facebook Comments

Leave a Response

error: Content is protected !!