Wapres Turki desak masyarakat internasional lawan Islamophobia, xenophobia, radikalisme dan rasisme

TURKINESIA.NET – CHRISTCHURCH. Setelah serangan teror hari Jumat di Selandia Baru, Wakil Presiden Turki pada hari Sabtu [16/03] mendesak masyarakat internasional untuk melawan Islamophobia, xenophobia, radikalisme, dan rasisme.

Berbicara di bandara Istanbul sebelum berangkat ke Selandia Baru, Fuat Oktay mengatakan: “Tindakan teroris ini, sayangnya, sekali lagi menunjukkan kepada kita bahwa tidak ada batasan permusuhan terhadap Islam.”

“Kami mengundang seluruh dunia untuk melawan Islamophobia, xenophobia, radikalisme, dan rasisme,” kata Oktay.

“Mengambil langkah-langkah efektif terhadap masalah terkait Islamofobia telah menjadi sangat penting di luar kebutuhan di dunia saat ini,” tambahnya.

Turki, sebagai negara, “yang telah banyak menderita korban terorisme dan telah menentang semua bentuk terorisme” akan berdiri di Selandia Baru dalam perangnya melawan terorisme, kata Wakil Presiden.

Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu menemani Oktay selama kunjungannya tersebut.

Setidaknya 50 orang meninggal dunia ketika seorang pria bersenjata menembaki para jamaah pada waktu salat Jumat di dua masjid, Al Noor dan Linwood di Christchurch, Selandia Baru, dengan salah seorang penembak menyiarkan langsung  insiden itu di media sosial. [Yeni Safak]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via