m
Popular Posts
Follow Us
HomeBeritaWakil PM Turki: “Setengah wilayah operasi Olive Branch telah dikuasai militer Turki”

Wakil PM Turki: “Setengah wilayah operasi Olive Branch telah dikuasai militer Turki”

Turkinesia.net – Ankara. Wakil Perdana Menteri Turki dan Juru Bicara Pemerintah Bekir Bozdağ mengatakan pada hari Senin bahwa setengah dari wilayah dalam lingkup operasi Olive Branch Turki di Afrin Suriah sekarang berada di bawah kendali militer Turki.

Bozdağ juga mengungkapkan bahwa 2.795 teroris “dinetralisir” sejak permulaan operasi Afrin di Turki, yang diluncurkan pada 20 Januari.

Selain itu, Bozdağ juga menyatakan bahwa militer Turki dan Pasukan Pembebasan Suriah sejauh ini telah membebaskan 142 lokasi, termasuk 112 desa, dan 30 titik rawan di wilayah barat laut Suriah.

Menganggapi upaya Turki dalam memerangi ISIS yang terus berlangsung, Bozdag mengungkapkan bahwa 4.043 teroris Daesh, termasuk 1.858 tersangka asing ditahan di Turki antara tahun 2011 dan 2018.

Operasi Olive Branch dimulai pada 20 Januari di Afrin untuk membangun keamanan dan stabilitas, menyingkirkan teroris PKK/KCK/PYD-YPG dan Daesh, dan menyelamatkan penduduk setempat dari penindasan dan kekejaman mereka.

Operasi tersebut dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, resolusi Dewan Keamanan PBB, hak pembelaan diri berdasarkan piagam PBB, dan penghormatan terhadap integritas teritorial Suriah.

Pihak militer mengatakan bahwa pihaknya “sangat mementingkan” untuk tidak merugikan warga sipil manapun.

Afrin telah menjadi tempat persembunyian utama bagi PYD/PKK sejak Juli 2012, ketika rezim Assad di Suriah meninggalkan kota tersebut kepada kelompok teror tanpa melakukan perlawanan.

PKK terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, Uni Eropa dan Amerika Serikat. PKK telah melakukan kekerasan bersenjata di bagian tenggara Turki sejak tahun 1984. Lebih dari 40.000 orang, kebanyakan warga sipil, terbunuh dalam konflik tiga dasawarsa ini.

Yeni Safak

Rate This Article:
No comments

leave a comment