Turki tekankan pentingnya transisi inklusif di Sudan

TURKINESIA.NET РANKARA. Kementerian Luar Negeri Turki menekankan pentingnya periode transisi yang kredibel dan inklusif, sesuai dengan harapan rakyat Sudan, Minggu.

“Dalam konteks ini, Dewan Militer Transisi berkomitmen bahwa proses tersebut akan dilakukan dengan partisipasi semua bagian masyarakat, bahwa keamanan dan ketertiban umum di negara itu akan dipertahankan dan bahwa administrasi akan diserahkan kembali kepada warga sipil di akhir proses, telah kami catat dengan kepuasan,” kata kementerian dalam sebuah pernyataan.

“Kami berharap proses ini akan selesai dengan cepat,” tulis pernyataan itu.

Kementerian menambahkan bahwa Turki akan terus memberikan dukungan terbaiknya untuk keamanan dan stabilitas serta perdamaian dan kemakmuran rakyat Sudan.

Militer Sudan pada Kamis pagi mengumumkan penurunan al-Bashir – yang telah memerintah Sudan sejak 1989 – dan penetapan fase transisi selama dua tahun.

Tentara juga membentuk dewan militer untuk menjalankan negara selama masa transisi dua tahun.

Pada Sabtu, Letjen Abdel Fattah Burhan, kepala dewan militer, berjanji untuk melakukan reformasi politik dan ekonomi berskala besar.

Dalam pidato yang disiarkan televisi, Burhan mengatakan periode transisi dua tahun negara itu akan berakhir dengan pemilihan yang bebas dan adil dan berjanji untuk mengadili mereka yang terlibat dalam pembunuhan para pengunjuk rasa serta korupsi di bawah rezim lama. [Anadolu Agency]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via