Turki siap bekerjasama dengan Malaysia untuk produksi super car

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir Mohamad mengatakan Malaysia berpeluang menjadi produser mobil super setelah ini.

Sebagaimana dilansir Berita Harian Malaysia, Perdana Menteri berkata, perusahaan produser mobil super Onuk di Turki, yang mampu dalam pembuatan mobil jenis itu bersedia untuk bekerjasama.

Onuk adalah perusahaan yang dibentuk pada tahun 1993 yang juga mendesain dan membangun kerajinan angkatan laut, khususnya kapal cepat dan kapal pertahanan.

Sebelum mengakhiri kunjungan resmi empat hari ke Turki, Mahathir diperlihatkan dua jenis mobil super. Jenis Onuk Sazan dan Onuk S56/G dipamerkan di luar Lapangan Terbang Antarabangsa Sabiha Gokcen di Istanbul.

“Mereka terlihat bagus. Sebenarnya, saya sadar berkenaan dengan perkara ini (mobil super) sudah lama.”

“Tetapi saya tidak ada ‘follow-up’ (tindakan susulan) karena semasa saya dapat maklumat ini, saya bukan perdana menteri.”

“Jadi, terganggu sikitlah nak buat kemajuan. Tetapi sekarang dia (Perusahaan tersebut) bersedia untuk bekerjasama dengan kita, bukan saja untuk mobil ini, tetapi juga mobil lain,” katanya.

Penyataan tersebut merupakan jawaban Mahathir saat ditanya dalam jumpa pers apakah berminat untuk menggunakan teknologi mobil super di Malaysia.

Sehari sebelum itu, ketika berdialog dalam program bersama kapten Industri, beliau menawarkan keahlian Malaysia, jika Turki berminat memproduksi mobil nasional sendiri berdasarkan kesuksesan negara tersebut dalam memproduksi Proton dan Perodua.

Sementara itu, Mahathir juga memuji kejayaan Malaysia Airports Holdings Bhd (MAHB) dalam mengelola Bandara Internasional Sabiha Gokcen Istanbul sebagai bukti kemampuan Perusahaan dari Malaysia.

MAHB turut mengelola bandara di beberapa negara lain, namun Bandara Internasional Sabiha Gokcen Istanbul yang dimiliki sepenuhnya oleh MAHB adalah yang terbesar dengan 34 juta trafik penumpang setahun, kata Mahathir.

“Ini jauh lebih besar daripada KLIA (Bandara Internasional Kuala Lumpur) sendiri. Pengurusan lapangan terbang ini sesuatu yang istimewa. Ada orang mengakui kemampuan kita dalam bidang ini dan banyak beri peluang,” katanya.

Turki adalah salah satu dari 10 produsen mobil terbesar di dunia, kebanyakan dari mobil-mobil asing seperti Fiat, Renault, Hyundai, Toyota, Honda dan Ford.

Namun pada tahun 2017, presidennya Recep Tayyip Erdogan telah mengumumkan ambisinya untuk memproduksi mobil domestik pertama Turki pada tahun 2021, menunjuk lima perusahaan yang akan membentuk konsorsium usaha, yaitu: BMC, Anadolu Group, Kiraca Holding, Vestel dan Turkcell.  []

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via