Turki prihatin atas serangan terhadap masjid di Norwegia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki pada Senin [12/08] menyatakan keprihatinan atas serangan bersenjata terhadap sebuah masjid Afghanistan di kota Baerum, Norwegia.

“Sangat sedih dan khawatir tentang serangan masjid di Norwegia,” kata Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Çavuşoğlu di Twitter.

“Terima kasih kepada Perdana Menteri Erna Solberg atas pesannya yang tulus dan berani terhadap meningkatnya rasisme dan Islamophobia di dunia. Hanya bisa mengatasi masalah ini dengan menghadapinya bersama,” tambahnya.

Seorang pria bersenjata berusia 21 tahun pada 10 Agustus menyerang Pusat Islam Al-Noor di Baerum, sekitar 20 km dari Oslo.

Serangan itu terjadi sehari sebelum hari libur keagamaan Muslim, Idul Adha.

“Penyerang itu adalah Philip Manshaus, warga negara Norwegia yang dikenal karena pandangannya yang anti-imigran dan sayap kanan,” kata penyiar lokal NRK mengutip Kepala Kepolisian Oslo Rune Skjold.

Pria bersenjata itu ditangkap oleh orang-orang di masjid sebelum polisi tiba, Skjold menambahkan bahwa warga negara Afghanistan Mohamed Rafiq terluka ketika menghadapi Philip. [Hurriyet Daily News]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via