Turki bangun pabrik komponen pesawat keempat terbesar di dunia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turkish Aerospace Industries (TAI) yang merupakan perancang dan produsen mesin kedirgantaraan terkemuka Turki akan membangun fasilitas komposit pertama untuk memproduksi teknologi tinggi bagian-bagian pesawat struktural.

Fasilitas senilai 181 juta USD tersebut merupakan yang keempat terbesar di dunia.

‘Pabrik digital pintar’ tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 95.000 meter persegi di dalam kompleks perusahaan di distrik Kahramankazan, ibukota Ankara.

TAI akan mengembangkan produk untuk perusahaan raksasa penerbangan global seperti Airbus dan Boeing, serta pesawat terbangnya sendiri. Fasilitas ini diharapkan dapat memenuhi dua persen dari kebutuhan komposit di penerbangan seperti pesawat dan helikopter di seluruh dunia.

Selain produksi teknologi tingkat tinggi, desain produk baru dan pengembangan produk juga akan dilakukan di fasilitas tersebut. Alat otonom akan digunakan dalam mengoperasikan sistem untuk memastikan akurasi dan efisiensi tinggi. Augmented dan Virtual Reality (AR dan VR) juga akan membantu dalam proses produksi.

Seluruh proses produksi akan dikontrol terus menerus dengan ribuan sensor dan sistem komunikasi yang akan ditempatkan di fasilitas yang akan menggunakan alat canggih di semua sistem operasinya. Misalnya, pabrik pewarnaan akan dijalankan secara mandiri dengan kecerdasan buatan, tanpa melibatkan manusia sama sekali.

Bagian-bagian yang dihasilkan akan mengalami proses kontrol kualitas yang berat dengan metode pengujian non-destruktif seperti sistem ultrasonik dan x-ray, dan kemudian akan dipasang ke pesawat.

Bahan komposit seperti fiberglass, serat karbon, dan sistem matriks yang diperkuat serat banyak digunakan dalam industri pembuatan pesawat terbang. Bahan komposit dan bahan penyusun bersama-sama menciptakan hibrida yang telah sangat meningkatkan sifat struktural pesawat.

TAI didirikan pada tahun 1973, merupakan perusahaan patungan dari Lembaga Industri Pertahanan dan Yayasan Angkatan Bersenjata Turki. TAI memproduksi dan melakukan proyek-proyek modernisasi pada jet tempur F-16, baik untuk Angkatan Udara Turki dan sekutunya, juga pesawat pelatihan, drone, dan manufaktur sistem elektronik pesawat ruang angkasa. TAI juga mengambil bagian dalam berbagai proyek pesawat militer dan sipil. [Daily Sabah]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via