Tour keliling Eropa, dua pesepedaIndonesia tiba di Istanbul

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Dua warga Indonesia yang sedang melaksanakan tour dengan sepeda tiba di Istanbul pada 5 November 2018. Keduanya, Tasman Jen (62 tahun) dan Tri Joko Waskito (70 tahun) disambut oleh KJRI İstanbul.

Berdasarkan keterangan dari pihak KJRI, İstanbul merupakan kota terakhir dalam tour dengan tema “Charity Ride : Biking to Europe 4000 Km.” sebelum kembali ke İndonesia. Rangkaian tour mereka dimulai dari Berlin pada tanggal 19 September 2018 dan telah melalui Hamburg, Amsterdam, Brussel, Budapest dan Sofia. Tujuan tour adalah untuk mengenal Eropa, mengenalkan wisata İndonesia terutama Riau ke negara yang disinggahi, serta penggalangan dana untuk pembangunan pesantren yang mereka bina yaitu Yayasan Al Marwa Riau.

Pada pertemuan dengan Konjen Rİ, para pesepeda tersebut menyampaikan bahwa mereka banyak menemukan bantuan serta kemudahan selama melakukan perjalanan keliling Eropa ini, baik dari WNİ ataupun warga negara asing. Selama perjalanan, mereka sering bermalam di perwakins, berkemah, maupun menumpang di rumah komunitas sepeda dunia, Warmshower. Kendala yang kerap mereka jumpai adalah cuaca musim gugur di Eropa yang terkadang hujan dan berangin. Selebihnya mereka sangat menikmati perjalanan ini serta terkesan dengan kultur warga Eropa yang menghargai para pesepeda.

Mengingat dua pengendara sepeda tersebut juga mengalami keterbatasan dana, KJRI memberikan dukungan akomodasi selama keduanya berada di İstanbul. Kedua pengendara tersebut akan kembali ke İndonesia pada tanggal 18 November 2018.

Selama masa tinggal mereka di İstanbul, kami telah melibatkan mereka dalam kegiatan temu masyarakat dan pelajar İndonesia di İstanbul serta dalam upacara peringatan Hari Pahlawan. Dalam pandangan kami, dirasa perlu untuk menularkan inspirasi serta semangat juang para pesepeda lansia ini terutama kepada para generasi muda, agar gigih mencapai cita-cita.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via