Tim arkeolog Turki temukan pusat kesehatan kuno

TURKINESIA.NET – BURSA. Sebuah tim arkeolog telah menemukan pusat kesehatan kuno dan peralatan medis dalam penggalian di desa wisata Turki, Gölyazı, di provinsi barat laut Bursa, Kantor Berita Demirören (DHA) melaporkan pada hari Kamis (05/01).

Temuan baru ini menunjukkan bahwa kota kuno bernama “Apollonia ad Ryndacum,” sejak 2.600 tahun yang lalu, telah memiliki pusat kesehatan dan kebugaran yang baik.

Desa Gölyazı modern terletak di atas reruntuhan kota kuno, yang terletak di sebuah pulau kecil di Danau Uluabat di wilayah Marmara selatan. Dikembangkan di era Romawi, kota ini menjadi lebih penting dalam arti keagamaan selama periode Bizantium.

Mustafa Bozbey, walikota distrik Nilüfer Bursa mengatakan temuan baru akan menjelaskan wilayah dan sejarah yang kaya.

Bozbey mengatakan bahwa wilayah itu merupakan pusat pengobatan penting yang tercermin dalam fakta bahwa “Apollonia ad Ryndacum adalah kota di mana pahlawan Yunani kuno dan manusia setengah dewa kesehatan Asclepius dihormati.”

Dia mengatakan bahwa tim penggalian sebelumnya menggali kuburan pada tahun 2016 milik seorang dokter dan keluarganya.

“Kuburan dan alat-alat dokter yang sebelumnya ditemukan mengungkapkan bahwa Gölyazı merupakan pusat pengobatan pada saat itu. Ini menunjukkan bahwa Gölyazı, selain menjadi pusat wisata penting yang memberikan kedamaian kepada orang-orang dengan udara dan air segar, juga merupakan tempat penting mengenai kesehatan,” kata Bozbey.

Pekerjaan pelestarian dan penggalian yang diluncurkan oleh Bursa Metropolitan Municipality di daerah yang sangat rusak oleh pemburu harta karun dan perusakan alam, sebagian besar berfokus pada “area suci” di wilayah tersebut dan selesai pada Desember 2018.

Kawasan ini direncanakan akan dibuka untuk pengunjung pada tahun 2019 sebagai taman arkeologi. [Daily Sabah]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via