Terkait pemilihan lokal, Turki desak berbagai pihak hormati proses hukum

TURKINESIA.NET – ANKARA. Terkait pemilihan lokal yang baru berlangsung, pemerintah Turki mendesak semua pihak, termasuk pemerintah asing untuk menghormati proses hukum dan menahan diri dari setiap langkah yang dapat ditafsirkan sebagai campur tangan dalam urusan dalam negeri negara tersebut, Direktur Komunikasi Kepresidenan Fahrettin Altun mengatakan pada Selasa malam [02/04] dalam sebuah tweet.

“Pemilihan pada hari Minggu berlangsung dengan tertib dan damai. Pemilu adalah landasan demokrasi negara kami. Rakyat Turki telah menyatakan keinginan mereka melalui kotak suara selama 70 tahun. Pihak berwenang memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa pemilihan itu bebas dan adil,” katanya tentang pemilihan hari Minggu.

Mengenai persaingan yang ketat di Istanbul dan di tempat lain, ia menambahkan bahwa pemerintah sedang memantau situasi.

“Sama pentingnya bahwa penghitungan suara dilakukan sesuai dengan undang-undang. Kami sedang memantau situasi, karena banyak partai politik menentang hasil awal karena dugaan kesalahan prosedur dan penyimpangan lainnya,” tambahnya.

“Kami yakin bahwa otoritas pemilu akan menyelesaikan semua perselisihan dengan cepat, transparan, dan untuk selamanya. Kami mendesak semua pihak, termasuk pemerintah asing, untuk menghormati proses hukum dan menahan diri dari setiap langkah yang mungkin ditafsirkan sebagai campur tangan dalam urusan internal Turki.”

Jutaan pemilih Turki memberikan suara mereka secara nasional pada hari Minggu dalam pemilihan untuk memilih walikota, anggota dewan kota, mukhtar (pejabat lingkungan) dan anggota dewan sesepuh untuk lima tahun ke depan.

Partai AK yang berkuasa memimpin di 15 kota metropolitan, dengan 24 kota diklaim oleh kandidat Partai AK, menurut hasil tidak resmi. [Daily Sabah]

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via