m
Terpopuler
Follow Us
HomeBeritaTerkait Khashoggi, Erdogan: Kami transparan tapi Saudi tidak

Terkait Khashoggi, Erdogan: Kami transparan tapi Saudi tidak

Presiden Erdogan

 

TURKINESIA.NET – BUENOS AIRES. Turki ingin Arab Saudi untuk menyelidiki semua rincian pembunuhan Jamal Khashoggi yang hilang setelah memasuki konsulat kerajaan di Istanbul pada 2 Oktober, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan.

“Kami ingin semua dimensi dari masalah ini terungkap, termasuk identitas orang yang memberi perintah,” kata presiden pada 2 Desember.

“Kami telah bersikap transparan sejak awal insiden ini. Namun, kami tidak memperoleh dukungan yang dibutuhkan dari para pejabat Saudi,” kata Erdogan kepada sekelompok wartawan sebelum kembali dari KTT G20 di ibukota Argentina, Buenos Aires.

Erdogan juga menyoroti hubungan bilateral antara kedua negara. “Kami telah berhati-hati untuk tidak mencampurkan hubungan bilateral dengan Arab Saudi dan masalah ini. Ini adalah dua hal yang berbeda,” katanya.

Turki telah menggambarkan pembunuhan wartawan aktivis Khashoggi sebagai masalah dunia. Turki juga menggarisbawahi bahwa tidak ada niat khusus untuk merusak citra keluarga kerajaan Saudi.

“Kami mengikuti proses,” kata Erdogan pada konferensi pers setelah selesainya KTT G-20 pada akhir 1 Desember.

Erdogan memberi tahu bahwa pembunuhan terhadap jurnalis Saudi itu ada dalam agenda beberapa pemimpin dunia di Buenos Aires saat Putra Mahkota Mohammed bin Salman menghadiri KTT itu kemunculan pertamanya dalam pertemuan internasional di luar negaranya setelah pembunuhan Khashoggi pada 2 Oktober di konsulat Arab Saudi di Istanbul.

Erdogan menekankan, satu-satunya tujuan Turki adalah untuk mengikuti persyaratan hukum internasional dan untuk mencari tahu pelaku dan mereka yang memerintahkan kejahatan ini.

“Kami belum pernah melihat kejadian ini sebagai masalah politik. Bagi kami, ini adalah pembunuhan berdarah dan akan tetap demikian. Dengan sedih saya harus menekankan bahwa badan peradilan dan administratif kami belum menerima dukungan yang diperlukan dalam menyelidiki pembunuhan dari Arab Saudi,” kata Erdogan.

Erdoğan mengatakan putra mahkota menyebutkan tentang asas praduga tak bersalah dalam tanggapannya terhadap Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau yang mendesak bahwa pihak berwenang Saudi harus benar-benar menyelidiki dan meminta semua pelaku bertanggung jawab atas tindakan mereka. [HDN]

 

Facebook Comments

Rate This Article: