Rusia: Perbedaan pendapat antara Turki dan Rusia normal

TURKINESIA.NET – MOSKOW. Victor Nadin-Rayevsky, kepala Institut Studi Politik dan Sosial Laut Hitam dan Wilayah Kaspia, menyebut perselisihan Rusia-Turki tentang sejumlah masalah “normal.”

Berbicara pada pertemuan tentang “Hubungan Rusia-Turki dan Keamanan Regional: kunjungan Erdogan ke Moskow,” Selasa [09/04], setelah kunjungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ke Moskow awal April, Victor mengatakan perselisihan harga gas adalah normal, karena pembeli selalu mencoba membeli lebih murah dan penjual mencoba menjual dengan harga lebih tinggi.

“Orang Turki tahu bagaimana cara menghitung uang dan bernegosiasi. Pada saat yang sama, Rusia tidak dapat menjual gas di bawah biaya. Mengenai masalah ini, kedua negara harus menyeimbangkan kepentingan mereka,” katanya.

Mengenai keluhan tentang rendahnya ekspor tomat Turki, dia mengatakan tidak mungkin untuk kembali ke volume sebelumnya – sebelum pencabutan sanksi tahun lalu – karena Rusia tidak membutuhkan tomat dalam jumlah yang sama.

Secara umum, hasil pembicaraan sangat positif, kata Amur Gadzhiev, kepala Pusat Penelitian Turki Modern.

Fakta bahwa Erdogan melakukan kunjungan pertamanya setelah pemilihan lokal Turki 31 Maret ke Rusia menunjukkan tingginya tingkat hubungan Rusia-Turki, katanya.

“Fokusnya bukan pada kuantitas tetapi pada kualitas. Para pihak menghindari frasa saham. Itu spesifik. Mereka membahas tidak hanya tujuan yang diinginkan, tetapi juga peluang, metode dan sarana untuk mencapai tujuan di industri, metalurgi, pertanian, teknologi tinggi, dan bidang lainnya,” kata Gadzhiev.

Keinginan para pihak untuk membawa hubungan bilateral ke “tingkat yang baru secara kualitatif” tampak jelas. Sifat strategis hubungan bilateral berulang kali disebutkan dalam berbagai konteks, katanya.

Gadzhiev mengatakan para pemimpin kedua negara memiliki pemahaman yang sama bahwa hubungan baik antara Turki dan Rusia akan membantu menyelesaikan banyak masalah termasuk krisis Suriah. [Yeni Safak]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via