Thursday, April 25, 2019
Bisnis

Rusia buka kesempatan kepada Turki untuk jual lebih banyak rudal S-400

722views

TURKINESIA.NET – MOSKOW. Rusia membuka diri untuk mengirimkan lebih banyak sistem pertahanan udara S-400 ke Turki, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada hari Rabu [10/04].

Pernyataannya tersebut diungkapkan setelah Turki mengindikasikan akan memesan lebih banyak sistem S-400 dari Rusia jika AS menolak memasok sistem rudal patriot kepada Ankara.

“Rusia terbuka, Rusia memiliki kemampuan yang sesuai, kompetensi teknologi, dan tentu saja, Rusia sedang mencari peluang untuk memperluas kerja sama militer-teknis ini. Ini adalah proses yang benar-benar normal,” kata Peskov kepada wartawan di ibukota Moskow.

Washington menolak keras pembelian S-400 Rusia oleh Turki, dan pekan lalu telah menangguhkan pengiriman suku cadang dan layanan untuk jet tempur F-35.

Para pejabat AS menyarankan Turki membeli sistem rudal Patriot AS daripada S-400 dengan alasan bahwa rudal Rusia tersebut tidak sesuai dengan sistem NATO dan akan mengekspos teknologi F-35 terhadap Rusia.

Turki telah menanggapi bahwa penolakan AS untuk menjual Patriot kepada Turki sebelumnya telah memicu sikap Ankara untuk mencari penjual lain. Turki menambahkan bahwa Rusia menawarkan kesepakatan yang lebih baik, termasuk transfer teknologi. [Daily Sabah]

Facebook Comments

Leave a Response

error: Content is protected !!