Presiden Erdogan puji perjuangan Şule Yüksel Şenler

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Kamis [29/08] memuji perjuangan aktivis Muslimah Turki, Şule Yüksel Şenler yang telah meninggalkan “warisan yang hebat dan bermakna.”

Pernyataan itu disampaikan di hadapan para jamaah saat menghadiri shalat jenazah Senler di halaman Masjid Sultan Eyep Istanbul.

Presiden Erdogan yang telah berkenalan dengan Senler sejak tahun 1970, ketika Senler masih seorang politisi muda. Şenler juga sosok “mak comblang” dibalik perjodohan Emine dengan Erdoğan.

Erdogan melanjutkan dengan mengatakan bahwa, Şenler adalah salah satu dari sedikit orang yang membuat nama dalam dunia aktivis di kalangan Islam. Dia mengatakan bahwa Şenler telah meninggalkan “warisan yang hebat dan bermakna.” Erdogan menyebutkan karya Senler di Asosiasi Wanita Idealis dan majalah Seher Vakti yang dia terbitkan.

“Hal-hal yang mengganggu beberapa kalangan tetapi membuat kami sangat bahagia,” kata Erdogan.

“Dia telah menjadi pribadi terkemuka di zaman kita dengan perjuangannya untuk menjalani hidupnya sesuai dengan keyakinannya, bukan menurut gaya hidup yang dipaksakan padanya,” kata Erdogan dalam pidatonya di pemakaman Şenler.

“Dia memotivasi banyak wanita muda untuk belajar tanpa menjauhi dari iman mereka dan menjadi individu yang melayani bangsa mereka,”

Erdogan, yang putrinya harus belajar di luar negeri karena larangan jilbab bagi siswa di Turki, menambahkan, “Kami tidak ingat nama-nama orang yang memenjarakannya, menghinanya dan mencoba menghentikannya, tetapi Sule Yüksel Şenler akan diingat dengan penuh kasih sayang oleh generasi yang akan datang,” katanya.

Presiden juga berjanji bahwa pemerintah akan mendirikan perpustakaan dan museum yang didedikasikan untuk Senler.

Sehari sebelumnya, melalui Twitter, Presiden Recep Tayyip Erdoğan telah menyampaikan pesan belasungkawa, disertai fotonya bersama Şenler. “Saya bersedih atas meninggalnya Şule Yüksel Şenler, seorang pelopor dalam perjuangan jilbab, seorang penulis berharga yang mengabdikan hidupnya untuk meningkatkan kesadaran di kalangan pemuda. Semoga Allah memberkati arwahnya,” kata Erdogan.  [Daily Sabah]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via