m
Popular Posts
Follow Us
HomeBeritaPresiden Erdogan: “AS mendanai teroris YPG, kami akan mengeluarkan semua fakta ini di depan mereka”

Presiden Erdogan: “AS mendanai teroris YPG, kami akan mengeluarkan semua fakta ini di depan mereka”

Turkinesia.net – Presiden Recep Tayyip Erdoğan mengatakan pada hari Selasa bahwa langkah Amerika Serikat untuk memberikan dukungan finansial kepada teroris yang terkait dengan PKK di Suriah akan mempengaruhi keputusan Turki.

Menghadiri pertemuan parlemen Partai Keadilan dan Pembangunan yang berkuasa (Partai AK), Erdogan meminta rakyat Amerika untuk menunjukkan kepekaan mengenai dukungan keuangan AS kepada YPG. Erdogan menggarisbawahi bahwa uang pembayar pajak rakyat AS akan mendanai teroris tersebut.

Presiden juga menekankan bahwa  AS sebagai sekutu Turki (yang merupakan sesama anggota NATO) harus mendukung Turki dalam perang melawan terorisme.

“Kita semua harus mematuhi undang-undang internal NATO. Jika Anda mengatakan YPG, PYD bukan organisasi teroris menurut kita, tapi mereka menyerang sekutu NATO Anda, Anda harus menghadapi mereka. Tapi mereka (AS) mengatakan mereka (YPG) bukan organisasi teroris, “kata Erdoğan, mengacu pada penolakan Washington untuk mengakui hubungan antara PKK – sebuah kelompok teroris menurut Turki, AS dan UE – dengan PYD dan sayap bersenjatanya, YPG.

Menurut Erdoğan, isu dukungan AS untuk YPG akan didiskusikan dengan Sekretaris Negara AS Rex Tillerson saat kunjungan resminya ke Ankara minggu ini.

“Kami akan mengeluarkan semua fakta ini di depan mereka, masalah ini harus diselesaikan sesuai dengan hukum, jika tidak, itu tidak akan menjadi sebuah contoh hubungan,” katanya.

Hubungan antara kedua sekutu NATO baru-baru ini mendapat beberapa masalah.

Turki sangat menentang dukungan militer AS untuk Pasukan Demokratik Suriah (SDF), yang didominasi oleh PYD dan YPG yang berafiliasi dengan PKK, yang merupakan ancaman serius bagi keamanan Turki.

Daily Sabah

Rate This Article:
No comments

leave a comment