Thursday, April 25, 2019
Berita

Pertama kalinya, orang Turki calonkan diri sebagai Presiden Afrika Selatan

1.56Kviews

TURKINESIA.NET – CAPE TOWN. Mehmet Vefa Dağ, seorang pengusaha Turki yang menetap di Afrika Selatan sejak sekitar dua dekade lalu, mencalonkan diri untuk menjadi Presiden Afrika Selatan.

Dağ, yang berasal dari provinsi Van, timur Turki dan memegang kewarganegaraan ganda Turki-Afrika Selatan, dinominasikan untuk pemilihan 8 Mei oleh Gerakan Demokrasi Nasional Afrika Selatan (SANDM). SANDM yang menggantikan Partai Al-Shura yang ia dirikan pada tahun 2016 menjanjikan peningkatan ekonomi untuk negara tersebut.

Dağ tiba di Cape Town pada tahun 2001 setelah lulus dari universitas Turki dan meluncurkan bisnis grosiran yang sukses.

“Kami memiliki 8.000 anggota partai terdaftar dan berencana mengadakan kampanye besar-besaran di Cape Town pada 23 Maret. Saya lahir di Turki tetapi orang-orang di sini menganggap saya sebagai salah satu dari mereka,” kata Dağ.

Politisi itu kalah dalam pemilihan walikota di Capetown tiga tahun lalu tetapi ia tidak terpengaruh. Berbicara kepada surat kabar Yeni Şafak, Dağ mengatakan bahwa dia adalah warga negara Afrika Selatan kelahiran asing pertama yang bersaing untuk menjadi presiden.

“SANDM adalah salah satu dari lima partai teratas di Cape Town dan kami membentuk aliansi dengan delapan pihak lain untuk meningkatkan peluang kami untuk menang,” katanya.

Kandidat menjanjikan “revisi sosial” jika terpilih dan mengatakan dia akan meningkatkan ekonomi lokal dengan proyek-proyek seperti mobil buatan lokal, layanan kereta api berkecepatan tinggi serta pembangunan “bandara terbesar di Afrika.” [Yeni Safak]

Facebook Comments

Leave a Response

error: Content is protected !!