‘Perdamaian jangka panjang di Balkan tidak mungkin tanpa Turki’

TURKINESIA.NET  – BELGRADE. Perdamaian jangka panjang di Balkan tidak mungkin terwujud tanpa Turki, menurut seorang politisi Macedonia Utara.

Pemimpin partai politik AlternAtivA, Afrim Gashi, yang merupakan bagian dari koalisi pemerintah luas di Makedonia utara, mengevaluasi perkembangan terakhir di Balkan Barat dan hubungan negaranya dengan Turki.

Turki memainkan peran penting dalam dialog antara Serbia dan Kosovo, kata Gashi kepada Anadolu Agency.

“Perdamaian jangka panjang di Balkan tidak mungkin tanpa Turki,” kata Gashi.

“Keterlibatan Turki tidak hanya akan memfasilitasi kesepakatan antara Serbia dan Kosovo, tetapi juga menguntungkan Turki untuk memiliki hubungan baik dengan orang-orang Albania. Juga, sebagai anggota NATO dan mitra AS yang kuat di NATO, Turki dapat menjadi penjamin perdamaian,” dia menambahkan.

Gashi menekankan perlunya dialog yang pada akhirnya akan mengarah pada saling mengakui, menambahkan bahwa perjanjian seperti itu akan meningkatkan hubungan Kosovo-Serbia dan juga membawa perdamaian jangka panjang ke Balkan.

Dia juga mengatakan, kunjungannya bersama delegasi ke Turki menghasilkan pertemuan yang sangat produktif.

Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk menarik investor Turki ke Makedonia Utara, dan mereka ingin meningkatkan hubungan ekonomi serta kelembagaan antara kedua negara, kata Gashi. [Anadolu Agency]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via