m
Popular Posts
Follow Us
HomeBeritaPeneliti Sudan: “Kunjungan Erdogan ke Sudan membuka era baru”

Peneliti Sudan: “Kunjungan Erdogan ke Sudan membuka era baru”

Turkinesia.net – Peneliti Sudan Dr. Al-Fateh Ali Hassanein mengatakan bahwa kunjungan Presiden Erdogan ke Sudan baru-baru ini adalah “pembukaan sebuah era baru”.

Hassanein yang pernah bertugas sebagai penasihat mantan Presiden Bosnia Alija Izetbegovic, mengatakan bahwa ia telah mengenal Erdogan sejak lama.

Pada hari Selasa, presiden Turki tersebut memutuskan untuk berkunjung ke Sudan, didampingi oleh 200 pengusaha sebagai bagian dari perjalanan ke tiga negara Afrika yang mencakup Sudan, Chad dan Tunisia.

Hassanein mengatakan bahwa kunjungan presiden Turki ke rumahnya di Khartoum di sela-sela kunjungannya ke Sudan merupakan kehormatan besar baginya dan rumahnya.

Hassanein mencatat bahwa dia bertukar pandangan dengan Presiden Erdogan mengenai perkembangan dunia Islam.

Dia menambahkan: “menandatangani 21 perjanjian kerjasama bilateral antara Sudan dan Turki, tidak ada keraguan bahwa kesepakatan ini untuk kepentingan kedua negara dan kerja sama mereka di bidang industri dan pertanian.”

Dia menekankan bahwa Presiden Sudan Omar al-Bashir dan orang-orang Sudan sangat senang atas kunjungan Erdogan, dan bahwa pengusaha di Sudan merasa puas dengan kesepakatan kerjasama yang ditandatangani antara kedua negara.

Mengenai rehabilitasi yang akan dilakukan oleh Turki terhadap pulau Suakin, Hassanein mengatakan bahwa pulau ini dianggap sebagai salah satu pusat utama dalam sejarah Islam, dan bahwa menghidupkan kembali reputasi historisnya tidak hanya penting bagi Sudan, tapi juga untuk seluruh Afrika.

Daily Sabah

Rate This Article:
No comments

leave a comment