Thursday, March 21, 2019
Berita

Pasukan AS angkut 50 ton emas dari Suriah ke AS

Foto: Daily Sabah
6.22Kviews

TURKINESIA.NET – DEIL EL-ZOUR. Angkatan Darat AS memindahkan banyak emas dari wilayah-wilayah yang dikuasai Daesh di Suriah ke AS, beberapa laporan mengatakan.

Menurut sebuah sumber yang berbicara dengan Kantor Berita Bas Kurdi, pasukan AS mentransfer sekitar 50 ton emas dari daerah yang disita dari teroris Daesh di wilayah Deir el-Zour Suriah timur dan memberikan sebagian dari sisa emas ke kelompok teroris YPG, cabang PKK di Suriah.

Emas dilaporkan diangkut dari pangkalan militer AS di Kobani.

Sementara itu, 40 ton emas batangan yang dicuri oleh teroris Daesh dari provinsi Mosul Irak juga diambil oleh pasukan A.S.

Sumber-sumber lokal yang berbicara dengan kantor berita SANA yang dikelola rezim Assad mengklaim bahwa pasukan itu merelokasi kotak-kotak besar berisi harta emas Daesh dari wilayah al-Dashisheh di Hasakah selatan.

Para pemimpin teroris Daesh yang ditangkap oleh pasukan AS dilaporkan memberikan informasi tentang keberadaan emas itu, kata laporan tersebut.

Klaim itu bertepatan dengan laporan oleh Pengamat Hak Asasi Manusia Suriah yang berbasis di AS, mengatakan bahwa AS mendukung YPG setelah 40 ton emas yang ditinggalkan oleh teroris Daesh di Deir el-Zour.

“Pasukan koalisi pimpinan AS dan Pasukan Demokrat Suriah (SDF) sengaja tidak menargetkan area di bawah kendali teroris dan komandan ISIL di Eufrat Timur di Deir el-Zour karena mereka berusaha menemukan harta ini dengan memaksa militant ISIL untuk berbicara tentang lokasinya setelah menyerah,” kata SOHR, merujuk pada Daesh menggunakan akronim lain.

Meskipun Daesh kehilangan banyak benteng di Irak dan Suriah, kesepakatan kontroversial antara gerilyawan Daesh dan kelompok-kelompok Suriah yang terkait dengan PKK, sebuah kelompok teroris utama yang melakukan serangan di Turki, membantu evakuasi mereka yang aman dari Raqqa, Suriah.

AS masih memiliki sekitar 2.000 tentara di Suriah, banyak di antaranya bekerja secara erat dengan SDF.

Hampir semua wilayah di timur Sungai Eufrat yang terdiri atas sepertiga wilayah Suriah dikuasai oleh SDF, kecuali wilayah yang dikuasai rezim Assad dekat Deir el-Zour dan wilayah yang dikuasai Daesh dekat perbatasan Irak. SDF juga mengendalikan distrik-distrik Manbij dan Tabqah di tepi kanan sungai. [Daily Sabah]

Facebook Comments

Leave a Response

error: Content is protected !!