m
Popular Posts
Follow Us
HomeBeritaPangeran Saudi sebut Turki-Qatar-Iran sebagai “Segitiga Setan”, picu kemarahan rakyat Turki di Sosmed

Pangeran Saudi sebut Turki-Qatar-Iran sebagai “Segitiga Setan”, picu kemarahan rakyat Turki di Sosmed

Turkinesia.net – Ucapan yang dikaitkan kepada Putra Mahkota Saudi Muhammad bin Salman oleh wartawan Mesir Lamis Elhadidy memicu kemarahan di kalangan pengguna media sosial Turki Selasa malam.

Menurut Elhadidy, Putra Mahkota tersebut diduga mencap Turki, Iran dan Qatar sebagai “segitiga setan” saat berkunjung ke Mesir.

Setelah menuai reaksi dari pengguna media sosial Turki terutama di Twitter dan Facebook, Kedutaan Saudi di Ankara mengeluarkan sebuah pernyataan yang membantah tuduhan Elhadidy.

“Diduga bahwa pangeran Mahkota Saudi menunjuk ke Turki melalui kata-kata ‘beberapa kekuatan jahat di wilayah ini’. Kami ingin menyatakan bahwa ‘kekuatan jahat’ ini adalah Ikhwanul Muslimin dan kelompok radikal,” kata pernyataan tersebut.

Pewaris tersebut sedang dalam kunjungan resmi ke Mesir. Setelah pertemuan resmi dengan Presiden Abdel Fettah al-Sissi, yang menggulingkan presiden terpilih pertama Mohammad Morsi yang terpilih secara demokratis pada tahun 2013, Salman juga mengunjungi Gereja Koptik, sesuai dengan kebijakan baru Kerajaan Saudi; Islam yang moderat dan terbuka.

Pangeran Mahkota Salman yang kontroversial telah dituduh menyeret Kabinet dan pejabat Saudi untuk mengamankan posisinya. Saudi juga telah melakukan hubungan dekat dengan Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Mesir, dan negara-negara poros ini telah menempatkan diri mereka melawan Qatar, menuduh Qatar mendukung terorisme. Laporan juga menyatakan hubungan erat antara putra mahkota dan otoritas Israel, langkah yang telah diterjemahkan sebagai bantuan untuk mengamankan aliansi regional melawan Iran. Pejabat UEA juga membuat komentar-komentar kontroversial terhadap Turki.

Daily Sabah

Rate This Article:
No comments

leave a comment