m
Popular Posts
Follow Us
HomeBeritaMenlu Turki: “Turki menyiapkan tenda untuk 3000 warga sipil Suriah dari Azaz”

Menlu Turki: “Turki menyiapkan tenda untuk 3000 warga sipil Suriah dari Azaz”

Turkinesia.net – Menteri Luar Negeri Turki Mevlüt Çavuşoğlu mengatakan pada hari Selasa, bahwa Turki akan membangun 500 tenda untuk menampung lebih dari 3.000 warga sipil di Azaz Suriah, di mana Angkatan Bersenjata Turki (TSK) membuka sebuah front baru dari Operation Olive Branch, sebelah timur Afrin.

“Kami selalu bersama mereka yang membutuhkan dukungan kami,” kata Çavuşoğlu di akun Twitter resminya, menegaskan kembali dukungan terus-menerus Turki kepada mereka yang membutuhkan.

Pernyataan tersebut diungkapkan menjelang kunjungan ke Prancis.

Menteri Luar Negeri menyatakan bahwa Turki mendirikan dua kamp dengan 700 tenda untuk melindungi penduduk sipil yang melarikan diri dari kekerasan di Idlib sebelum Operasi Olive Branch, yang dimulai pada 20 Januari.

“Kami tanpa lelah melanjutkan bantuan kemanusiaan kami kepada rakyat Suriah karena negara saya menampung 3,5 juta tamu Suriah. Kami menyediakan tempat tinggal bagi 235.000 orang di 21 kamp pengungsi.”

Pada hari Sabtu, Turki meluncurkan Operasi Olive Branch untuk melenyapkan cabang organisasi teroris PKK, People’s Protection Unit (YPG) dan teroris Daesh dari Afrin di Suriah barat laut.

Berdasarkan pernyataan Staf Jenderal Turki, operasi tersebut bertujuan untuk membangun keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan Turki dan wilayah tersebut serta untuk melindungi orang-orang Suriah dari penindasan dan kekejaman teroris.

Operasi tersebut sedang dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, keputusan Dewan Keamanan PBB, hak pembelaan diri berdasarkan piagam PBB dan menghormati integritas teritorial Suriah, katanya.

Pihak militer juga mengatakan “perhatian penuh” untuk tidak membahayakan warga sipil manapun.

Afrin telah menjadi tempat persembunyian utama bagi YPG sejak Juli 2012 ketika rezim Assad di Suriah meninggalkan kota ke kelompok teror tanpa melakukan perlawanan.
Daily Sabah

 

Rate This Article:
No comments

leave a comment