Thursday, April 25, 2019
Berita

Menlu Turki: Terlalu dekat dengan teroris YPG, AS kesulitan tarik pasukan dari Suriah

81views

TURKINESIA.NET – ANKARA. Dalam upayanya mengakhiri keterlibatan dengan teroris PKK di Suriah, AS mengalami masalah dalam penarikan pasukannya, kata menteri luar negeri Turki pada Rabu (09/01)

“Kami melihat bahwa AS menghadapi beberapa kesulitan saat menarik diri [dari Suriah],” Çavuşoğlu mengatakan kepada Komite Urusan Luar Negeri parlemen.

“Setelah begitu terjalin dan terlibat dengan organisasi teroris, tidak mudah untuk meninggalkan organisasi teroris itu,” tambahnya, merujuk pada YPG.

Ankara telah lama mengkritik AS yang bekerja dengan teroris SDF yang didominasi YPG dengan dalih untuk memerangi Daesh di Suriah. Turki mengatakan bahwa menggunakan satu kelompok teror untuk melawan kelompok teror lainnya tidak masuk akal.

Dalam 30 tahun kampanye terorisnya, PKK telah merenggut sekitar 40.000 nyawa, termasuk wanita dan anak-anak.

Çavuşoğlu menegaskan bahwa Turki telah berulang kali menolak anggapan AS bahwa Washington tidak akan menarik tentaranya dari timur laut Suriah tanpa jaminan dari Ankara bahwa mereka tidak akan menyerang “Kurdi.” Kepemimpinan Turki telah menekankan bahwa menyamakan “Kurdi” dengan teroris YPG tidak dapat diterima.

Çavuşoğlu menambahkan bahwa di bawah proses Astana, Turki telah berkoordinasi dengan Rusia dan Iran di Suriah.

“sejauh ini tidak ada masalah yang dihadapi dengan implementasi kesepakatan Idlib, dan Turki tidak ingin menghadapi masalah ke depan,” kata Menlu Turki tersebut. [Daily Sabah ]

Facebook Comments

Leave a Response

error: Content is protected !!