m
Popular Posts
Follow Us
HomeBeritaMBC Saudi berhenti menayangkan semua serial Turki

MBC Saudi berhenti menayangkan semua serial Turki

Turkinesia.net – Perusahaan penyiaraan Timur Tengah MBC milik Arab Saudi pada Senin mengatakan stasiun-stasiun televisi di bawahnya berhenti menyiarkan sinetron Turki, yang sangat digandrungi di kawasan tersebut.

“Ada keputusan untuk menghapus semua drama Turki dari beberapa stasiun TV di wilayah ini,” kata juru bicara MBC Mazen Hayek kepada The Associated Press (AP) kemarin. “Saya tidak bisa memastikan siapa yang mengambil keputusan.” Enam drama serial Turki yang disiarkan di stasiun televisi MBC1, MBC4 dan MBC Drama akan dihentikan.

Hayek menolak mengatakan apakah keputusan tersebut berasal dari manajemen MBC atau dari luar penyiar.

Ziyad Varol, perizinan dan manajer digital di ATV, bagian dari Turki Turkuvaz Media Group, dan timnya mengatakan kepada Daily Sabah bahwa delegasi Turki mendengar keputusan MBC pada hari terakhir DISCOP Dubai Fair. Keputusan tersebut dilaporkan diajukan oleh pengadilan kerajaan Saudi.

“Bagaimanapun, konten Turki menjangkau khalayak ramai – kita melihat angka di YouTube dan melihat permintaan yang luar biasa,” kata Varol, menambahkan bahwa penonton setia di Timur Tengah entah bagaimanapun menemukan cara untuk menonton serial TV Turki.

Varol mengatakan: “Terlepas dari aspek komersial dari mengekspor serial TV Turki ke Timur Tengah dan menyiarkan saluran regional, kami ingin mempertahankan hubungan kami dengan penonton dan kami akan mencari cara alternatif untuk melindungi ikatan itu.”

Banyak yang menentang keputusan tersebut di akun media sosial mereka, dengan mengatakan bahwa mereka akan terus menonton serial TV Turki.

Permintaan di Timur Tengah untuk konten Turki jelas pada reaksi terhadap keputusan media sosial. Banyak yang menentang keputusan tersebut, dengan mengatakan bahwa politik dan hiburan harus dipisahkan dan mereka akan terus menonton pertunjukan Turki.

Tahun 2013 pasca terjadinya kudeta berdarah di Mesir yang menuai protes keras dari Turki, beberapa saluran TV Mesir meluncurkan boikot terhadap serial drama Turki. Varol juga mengatakan bahwa televisi Turki telah mengalami protes semacam itu dari Uni Emirat Arab (UEA) dan Mesir sebelumnya.

Koran Nasional berbahasa Inggris di Abu Dhabi, pertama kali melaporkan keputusan MBC dalam edisi Senin.

Laporan keputusan MBC datang setelah pimpinannya, Waleed al-Ibrahim, dibebaskan dari tahanan di hotel Ritz Carlton di Riyadh setelah penangkapan massal pada November oleh pihak berwenang Saudi. Namun, Reuters melaporkan bahwa pemerintah Saudi berencana untuk mengambil alih kepemilikan saham mayoritas di Grup MBC karena mereka bergerak untuk mengambil aset dari orang-orang yang terperangkap dalam penyelidikan anti-korupsi, sumber yang dekat dengan masalah tersebut mengatakan pada awal Februari. Pejabat berencana untuk mentransfer kepemilikan 60 persen dari penyiar regional sementara meninggalkan sisa 40 persen di tangan Ibrahim, dua sumber mengatakan kepada Reuters.

MBC beroperasi di Dubai Media City, sebuah zona bebas dimana gerai asing memiliki kantor dan menghadapi sedikit pengawasan pemerintah di UAE, sebuah federasi tujuh emirat di Jazirah Arab. Saluran hiburan free-to-watch menawarkan perpaduan antara pemrograman sindikasi baik lokal maupun internasional, serta film-film Hollywood.

Juru bicara MBC Hayek mengatakan Ibrahim mempertahankan saham 40 persen dan memiliki “kontrol manajemen nominal” dari jaringan. Hayek mengatakan dia tidak bisa memastikan siapa yang memegang 60 persen perusahaan lainnya.

Sumber di Dubai juga mengatakan bahwa serial TV Turki sangat berkontribusi dalam mempromosikan budaya Turki saat pemirsa belajar bahasa Turki dan mencoba makanan khas Turki yang mereka lihat dalam serial ini.

Penayangan produksi Turki juga mendukung pariwisata Turki karena penonton Timur Tengah kemudian mengunjungi kota-kota Turki, terutama Istanbul, karena ini adalah rangkaiannya. Real estat juga mendapat keuntungan dari popularitas serial TV, yang telah menyebabkan pemirsa Timur Tengah membeli rumah di negara ini.

Surat kabar Lebanon Al-Nahar mengutip pengamat yang mengatakan total kerugian akibat langkah itu bisa mencapai USD 50 juta.

Anadolu Agency/Daily Sabah

Rate This Article:
No comments

leave a comment