m
Terpopuler
Follow Us
HomeBeritaLembaga bantuan Turki bantu lebih dari 2.000 korban bencana Sulawesi

Lembaga bantuan Turki bantu lebih dari 2.000 korban bencana Sulawesi

IHH Turki

TURKINESIA.NET – ANKARA. Sebuah lembaga bantuan Turki mengatakan pada Senin bahwa mereka telah menjangkau 2.000 korban gempa dan tsunami di daerah-daerah yang dilanda bencana di Sulawesi Tengah, Indonesia.

Gempa berkekuatan M 7,7 mengguncang Sulawesi Tengah pada Jumat, memicu tsunami dan menelan lebih dari 1.200 korban jiwa di ibu kota provinsi, Palu, kata Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Yayasan Bantuan Kemanusiaan yang berbasis di Istanbul (IHH) adalah lembaga bantuan pertama dari Turki yang menanggapi keadaan darurat, kelompok itu mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Senin.

Yayasan itu telah mengirim sebuah tim beranggotakan lima orang segera setelah gempa dahsyat melanda dan meluncurkan kampanye penggalangan dana untuk korban gempa.

Tim IHH sejauh ini telah mengirimkan makanan dan berbagai persediaan lain yang dibutuhkan di tempat penampungan untuk 2.000 orang, menurut pernyataan itu.

“IHH akan terus melanjutkan kegiatannya di wilayah itu sampai krisis berakhir,” tambah pernyataan sama.

Bulan Sabit Merah Turki dan Yayasan Bantuan Kemanusiaan yang berbasis di Istanbul (IHH) adalah responden internasional pertama yang memberikan bantuan kemanusiaan dan darurat kepada para korban gempa dan tsunami.

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump menyampaikan belasungkawa kepada para korban pada Senin, dia mengatakan pada konferensi pers di Gedung Putih bahwa dia akan segera menghubungi Presiden Joko Widodo.

“Kami telah mengirim banyak bantuan pertama, militer dan lainnya untuk membantu, tetapi situasi ini benar-benar buruk, sangat buruk,” katanya [Anadolu Agency]

Facebook Comments

Rate This Article: