m
Terpopuler
Follow Us
HomeBeritaKTT Dewan Negara-Negara Turk, ini yang dibahas

KTT Dewan Negara-Negara Turk, ini yang dibahas

KTT Dewan Negara-Negara Turk

TURKINESIA.NET – BISHKEK. Presiden Recep Tayyip Erdoğan pada hari Senin (03/09) menghadiri KTT Dewan Negara-Negara Turk di Pusat Kebudayaan Rukh Ordo di Kirgizstan.

Dalam pidatonya, Presiden Erdoğan mengatakan, “Usia kita juga menawarkan kita peluang penting untuk pengembangan jaringan transportasi dan komunikasi. Dalam hal ini, Kita mementingkan inisiatif koridor Transisi Kaspia Timur-Barat Tengah yang mencapai Cina melewati Kaukasus dan Asia Tengah. Pilar paling penting dari proyek ini yang dikenal sebagai ‘Jalan Sutra Modern-Koridor Tengah,’ adalah Proyek Kereta Api Baku-Tbilisi-Kars yang kita jalankan bersama dengan Azerbaijan. Jalur ini, kereta berangkat dari barat Eropa dapat tanpa terputus mencapai pantai Kaspia, dari mana dapat mencapai Shanghai dan Seoul melalui Pelabuhan Aktau. Jalur transportasi utama ini akan berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat kita dan untuk pengembangan hubungan kita. Kami juga mementingkan peningkatan kerja sama di bidang energi. Pipa Minyak Mentah Baku-Tbilisi-Jeyhan dan Proyek Pipa Gas Alam Baku-Tbilisi-Erzurum adalah hasil yang paling penting dari kerjasama ini.”

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev menekankan bahwa negara-negara anggota dewan harus mengambil langkah-langkah tambahan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan meningkatkan volume perdagangan di antara mereka.

Aliyev mengindikasikan bahwa Azerbaijan telah menginvestasikan 14 milyar USD di Turki dalam beberapa tahun terakhir. “Turki telah menginvestasikan begitu banyak uang ke Azerbaijan juga. Ini segera akan meningkat menjadi 20 miliar USD. Ini adalah simbol persahabatan dan persaudaraan kami. Kami sangat senang bahwa Turki keluar terhormat dari semua cobaan. Dalam cobaan ekonomi, kami selalu memihak saling memihak” katanya.

Sementara itu, Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev menjelaskan bahwa situasi geopolitik di dunia rumit.

“Ekonomi tidak tetap, kita tahu alasannya. Sanksi dan pajak menyebabkan investasi menurun. Mereka semua mempengaruhi kita; kita harus menyelesaikan semuanya. Kami ingin menyajikan banyak proyek. Penting untuk menjaga hubungan ekonomi dengan langkah-langkah kongkrit, kita perlu menggunakannya dengan baik, “katanya.

Pada hari Minggu, Turki dan Kirgistan berjanji untuk lebih memperkuat hubungan ekonomi bilateral mereka, sambil menekankan pentingnya menggunakan mata uang domestik dan nasional untuk perdagangan antar negara dan meningkatkan volume perdagangan bilateral ke target yang ditetapkan sebelumnya sebesar 1 miliar USD. [Daily Sabah]

Facebook Comments

Rate This Article: