Komunitas Aceh-Turki akan gelar peringatan 480 tahun hubungan Aceh-Turki

Banda Aceh – Komunitas Aceh-Turki akan menggelar peringatan 480 tahun hubungan Aceh-Turki pada selasa, 20 Agustus 2019, bertempat di Makam Syekh Baba Daud Rumi,  di Gampong Mulia.

Acara yang dijadwalkan mulai jam 08:00 hingga 12:00 akan diisi dengan doa bersama, baca Alquran dan shalawat, serta tausiah sejarah. Selain itu, dua blogger Turki, Edanur Yildiz dan  Elif Kübra genç  juga akan turut hadir dan menyampaikan testimoni dalam acara ini.

Kata sambutan direncanakan akan disampaikan langsung oleh Walikota Banda Aceh Aminullah Usman dan Keucik Gampong Mulia. Adapun tausiah akan diisi oleh Guru Besar UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. Farid Wajdi Ibrahim, MA.

Teuku Farhan selaku koordinator acara mengatakan, Keucik Gampong Mulia sangat bersyukur dan mendukung adanya acara ini serta berharap dapat menjadi agenda tahunan di desa tersebut.

“Kami tidak paham tentang sejarah Syaikh Baba Daud dan tidak tahu harus bertanya kemana. Oleh karena itu, kami sangat menunggu ada acara seperti ini dan senang sekali akhirnya ada komunitas peminat sejarah dan akademisi yang peduli dan menggelar acara ini di kampung kami. Kampung kami tidak punya daya tarik apa-apa untuk diperkenalkan kecuali situs sejarah Baba Daud ini. Bahkan dulu warga kampung berpikir ini adalah situs makam Cina. Tapi akhirnya setelah tsunami ada orang Turki yang datang dan membuktikan ini adalah makam ulama Aceh keturunan Turki. Kami akan kembangkan dengan serius menjadi destinasi situs sejarah. Kami merehab komplek makam ini dengan dana gampong.” Ungkap Syukriadi.

Komunitas Aceh-Turki terdiri dari beberapa gabungan komunitas seperti Majalah Sicupak, Ikamat (Ikatan Keluarga Mahasiswa Aceh Turki), PPI Turki (Perhimpunan Pelajar Indonesia Turki), dan lainnya. []

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via