m
Popular Posts
Follow Us
HomeWisataKekova kota kuno yang menjadi ‘surga’ modern

Kekova kota kuno yang menjadi ‘surga’ modern

TURKINESIA.NET – Kekova, ibukota pariwisata Turki di distrik Antalya, telah dikukuhkan dalam daftar permanen Warisan Dunia UNESCO dengan kekayaan budaya, sejarah dan alamnya. Sebelumnya kota ini hanya memperoleh status ‘terdaftar sementara’.

Kekova merupakan tempat di mana selama masa kaisar Bizantium Constantinos, Myra Patriarch St. Nicholas (Santa Claus) hidup dan bekerja. Gerejanya juga terletak di sana bersama dengan teater dan tempat-tempat bersejarah dan budaya seperti Üçağız (Teimiusa), Kale (Simena) dan Çayağzı (Andreake).

Saat ini ada daerah pemukiman kecil yang berada di bawah pengaruh peradaban Lycian, Romawi, Seljuk dan imperium Ottoman selama bertahun-tahun.

Selain keindahan alamnya, kekayaan monumen kuno dan bersejarah menjadikan kawasan ini sangat menarik bagi penggemar arkeologi.

Daerah ini dikelilingi oleh peninggalan sejarah: makam dengan prasasti yang ditulis dalam bahasa Lycian, ceruk Lycian, pemecah ombak dan konstruksi tetap di bawah air, tangki air, kuburan batu nekropolis dan sarkofagus, teater yang dipahat di istana abad pertengahan, dermaga yang tenggelam dengan makam kuno dan masjid Ottoman yang berusia berabad-abad yang terletak di kota kuno.

Menuju tempat ini, bisa melalui lautan yang biru atau melintasi pegunungan dengan puri dan Çayağzı di pantai yang dikelilingi oleh perpaduan eksotis modern dan masa lalu, Üçağız membuat takjub pengunjung dengan kota yang setengah karam.

Sisa-sisa di pantai barat laut pulau yang disebut sebagai “kota karam,” digunakan sebagai resor pelaut, sebuah bangunan kapal dan perbaikan stasiun, hari ini kota ini merupakan salah satu sudut Kekova paling berwarna dan telah digunakan sebagai pusat komersial dan militer sejak abad ke-5 SM.

Pada tahun 2000, Kekova yang dikenal sebagai “Surga di Bumi,” dimasukkan dalam Daftar Sementara Warisan Dunia UNESCO.

Profesor Nevzat Çevik dari Fakultas Seni dan Ilmu Pengetahuan Universitas Akdeniz, Departemen Arkeologi mengatakan kepada Anadolu Agency (AA) bahwa Kekova merupakan tempat tinggal bagi setiap komunitas dari Abad Pertengahan hingga saat ini. Çevik mengatakan bahwa selain peninggalan sejarah dan budaya, wilayah ini memiliki keindahan alam yang unik.

Profesor Çevik membandingkan kota dengan bell glass: “Kota karam yang terkubur di perairan pirus, benteng yang menjulang dari gunung dan Ucağız yang menghadap ke laut menunjukkan keindahan di lonceng kaca.”

Kekova kota kuno yang menjadi ‘surga’ modern (Foto: Daily Sabah)

Kekova kota kuno yang menjadi ‘surga’ modern (Foto: Daily Sabah)

Kekova kota kuno yang menjadi ‘surga’ modern (Foto: Daily Sabah)

Daily Sabah

Rate This Article:
No comments

leave a comment