Keindahan karpet tenun Turki di bawah sinar matahari di Antalya

TURKINESIA.NET – ANTALYA. Karpet tenunan tangan yang terhampar di ladang untuk dibersihkan dan diwarnai dengan pastel di bawah sinar matahari, menciptakan sebuah pemandangan berwarna-warni di Antalya, sebuah kota resor di Mediterania.

Saat musim panas tiba, para pembuat karpet mulai bekerja di lahan pertanian seluas ratusan hektar, tepat setelah panen di distrik Döşemealtı. Distrik tersebut terkenal dengan produksi karpet yang dibuat dengan menggunakan cat akar yang diperoleh dari tanaman.

Karpet dan permadani Turki yang terkenal secara internasional dibawa ke Döşemealtı dari berbagai daerah di kawasan ini.

Halil Börekçi, seorang pembuat karpet di Antalya, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa karpet dikumpulkan dari desa-desa, terutama dari orang tua dan orang-orang yang pertama kali mereparasi.

“Kami meletakkan karpet di bawah sinar matahari untuk menyingkirkan semuanya kecuali pewarna dan wol akar organik,” katanya. Ia menambahkan: “Karpet-karpet itu menjadi lembut saat terpapar sinar matahari di siang hari dan kelembaban di malam hari, semua kotoran serta cat yang ditambahkan keluar dari karpet.”

Halil Borekci mengatakan, para wisatawan lebih menyukai karpet dengan pewarna akar organik, dan menambahkan bahwa kebanyakan orang Amerika dan Australia menunjukkan minat terhadap karpet tersebut.

Sekitar 10.000 karpet kuno dalam setahun, tambahnya.

Karpet dengan nilai historis juga terdapat di ladang, kata pembuat karpet lain Zeynep Börekçi.

“Kami melakukan yang terbaik untuk melestarikan karpet tenunan tangan,” tambahnya.

Fotografer, seniman visual, dan penggemar mengunjungi ladang untuk merekam film dan gambar. [Daily Sabah]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via