KBRI Ankara adakan ujian Bahasa Indonesia bagi calon pemandu wisata

TURKINESIA.NET – ANKARA. Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ankara bersama TUREB (Union of Tourist Guides in Turkey) telah memfasilitasi pelaksanaan ujian Bahasa Indonesia bagi calon pemandu wisata yang berlokasi di Ankara Anatolian Public High School (01/02).

Sebagaimana informasi yang diperoleh Turkinesia dari website KBRI Ankara, ada 12 orang yang lulus dari total 20 peserta ujian pada tahun ini.

Antusiasme masyarakat Turki, khususnya dari kalangan pemandu wisata terhadap Bahasa Indonesia tercermin dari jumlah peserta ujian yang mengalami peningkatan setiap tahunnya dibandingkan dengan peserta ujian bahasa lainnya, terutama belakangan ini adanya peningkatan jumlah wisatawan Indonesia yang datang ke Turki.

Terdapat sekitar 17 peserta dengan tingkat kelulusan sekitar 70% (2016), lalu bertambah menjadi 30 peserta, namun tingkat kelulusan turun menjadi sekitar 35% (2017), kemudian kembali bertambah menjadi 49 peserta dengan tingkat kelulusan hampir 80% (2018).

Ujian terdiri atas 2 tahap; ujian lisan dan ujian tulis, yang diujikan, dinilai serta dievaluasi oleh perwakilan dari KBRI Ankara dan TUREB. Mereka yang dinyatakan tidak lulus dapat mengikuti ujian serupa di tahun mendatang.

KBRI Ankara mengharapkan hal ini dapat menjadi media memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia secara global, serta memperluas peluang kerjasama Indonesia-Turki dalam sektor pariwisata. []

 

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via