Kandidat AKP untuk Istanbul: “Hormati pemilihan dan lindungi suara”

TURKINESIA.NET –  ISTANBUL. Mantan Perdana Menteri dan kandidat Walikota Istanbul dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party) yang berkuasa, Binali Yıldırım pada hari Rabu [03/04] mengatakan bahwa proses banding dan pemungutan suara pemilihan lokal 31 Maret harus dihormati.

“Warga Istanbul telah memutuskan sendiri (atas walikota) dan keputusan ini akan diumumkan oleh Dewan Pemilu Tertinggi (YSK),” katanya, seraya menambahkan, “Saya akan melindungi suara-suara ini.”

“Pemilihan umum telah berakhir, bagaimanapun, periode pengaduan dan banding berlanjut,” kata Yildirim, menekankan bahwa hasil pemilihan akan jelas dalam beberapa hari.

Yıldırım meminta kandidat Partai Rakyat Republik (CHP) Ekrem Imamoğlu, yang memegang 22.000 suara untuk menghormati proses banding. Imamoğlu pada hari Rabu meminta YSK untuk melaksanakan tugasnya dan memberinya mandat sebagai walikota terpilih.

Yildirim mengkritik Imamoğlu karena menyatakan dirinya sebagai walikota Istanbul sebelum menunggu hasil resmi, merujuk pada kunjungan kandidat CHP tersebut ke Anıtkabir, makam Mustafa Kemal Atatürk – pendiri Turki dan presiden pertama. Imamoglu menandatangani buku tamu dengan identitas sebagai walikota Istanbul.

“Menandatangani buku di Anıtkabir sebagai walikota Istanbul adalah langkah yang mengejutkan, saya tidak mengatakan hal lain,” tambahnya.

YSK pada hari Rabu pagi memutuskan untuk melanjutkan penghitungan ulang di delapan distrik Istanbul setelah dihentikan karena adanya keberatan dari pihak CHP. Kemudian pada hari Rabu, YSK memutuskan penghitungan ulang suara tidak sah di 15 distrik Istanbul, di samping total penghitungan ulang suara di Çatalca, Silivri dan beberapa bagian dari distrik Kartal.

Kepala YSK Sadi Güven mengatakan bahwa penghitungan ulang sebagian besar akan fokus pada suara yang tidak valid. Banding ke YSK masih berlangsung, tambahnya.

Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party) yang berkuasa secara resmi menentang hasil jajak pendapat di semua 39 distrik Istanbul pada hari Selasa. [Daily Sabah]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via