admin@turkinesia.net
Tuesday, January 22, 2019
Berita

Jubir AKP: Turki pelindung dan teman bagi warga Kurdi

Jubir AKP: Turki pelindung dan teman bagi warga Kurdi

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki telah dan akan terus menjadi teman orang Kurdi, Arab, dan Turkmenistan yang tinggal di Suriah, kata juru bicara Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party) yang berkuasa, Selasa (08/01).

“Tidak ada yang bisa mengajarkan Turki tentang melindungi saudara-saudara Kurdi kami. Turki adalah teman terbesar, dan bahkan satu-satunya teman Kurdi,” Ömer Çelik mengatakan kepada wartawan di ibukota Ankara.

Çelik menambahkan bahwa Turki juga merupakan teman bagi orang-orang Arab dan Turkmen di wilayah tersebut.

“Mereka yang memberi tahu Turki untuk tidak ‘menyentuh’ Kurdi harus melihat ke cermin dan mengingat penindasan mereka terhadap Kurdi,” katanya, secara jelas merujuk pada pernyataan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan peringatan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton.

Pompeo dan Bolton mengklaim bahwa Turki akan membantai warga Kurdi jika AS meninggalkan pangkalannya di Suriah.

Çelik mengatakan mereka (AS) yang menyerukan perlindungan terhadap suku Kurdi di wilayah itu adalah mereka yang merencanakan skema politik dengan organisasi teroris.

“Jika ada negara yang menjadi teman dan pelindung Kurdi yang tinggal di Turki dan Suriah, mestilah Turki,” kata Çelik.

Çelik juga meminta AS untuk mengingat bahwa Turki adalah sekutunya. Tindakan Washington untuk bersekutu dengan kelompok teroris adalah “kegagalan besar”, tambah Celik.

Dia menambahkan bahwa Pompeo dan Bolton “secara eksplisit” tahu bahwa YPG adalah kelompok teroris.

Ankara telah berulang kali mengatakan kepada Washington bahwa YPG tidak berbeda dari PKK karena kelompok-kelompok itu saling terkait, dan bermitra dengan satu kelompok teroris untuk memerangi yang lain tidak dapat diterima. Washington terus mendukung YPG, meskipun AS mendaftarkan PKK sebagai organisasi teroris.

Turki mengatakan akan meluncurkan operasi besar lintas perbatasan di daerah yang membentang dari Sungai Efrat ke perbatasan Irak untuk membersihkan kelompok teroris dari wilayah perbatasannya.

Trump mengumumkan pada bulan Desember bahwa Washington akan menarik sekitar 2.000 tentara AS dari Suriah.

Namun, Bolton kemudian mengatakan bahwa penarikan pasukan AS untuk untuk menghabisi sisa-sisa Daesh, dan Turki harus memastikan keselamatan pasukan SDF yang didominasi milisi YPG yang bersekutu dengan AS.

Presiden Recep Tayyip Erdoğan menyebut pernyataan Bolton bahwa AS melindungi YPG tidak dapat diterima. [Daily Sabah]

Baca Juga: http://www.turkinesia.net/edogan-enggan-bertemu-penasehat-keamanan-as-tinggalkan-turki/

http:// http://www.turkinesia.net/edogan-enggan-bertemu-penasehat-keamanan-as-tinggalkan-turki/

Facebook Comments