Jika kesepakatan zona aman Suriah dengan AS tidak berhasil, Turki punya ‘rencana lain’

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki memiliki rencana alternatif jika perjanjian zona aman di utara Suriah dengan AS tidak berfungsi, Menteri Pertahanan Turki mengatakan pada hari Senin [12/08].

Dalam sebuah wawancara yang disiarkan di saluran berita TRT Haber, Menteri Pertahanan Hulusi Akar mengatakan dalam beberapa hari mendatang beberapa langkah baru diharapkan dapat menciptakan zona aman di utara Suriah.

“Kontrol dan koordinasi ruang udara sangat penting. Ada banyak kemajuan dalam hal itu,” kata Akar. Dia juga menyuarakan harapan bahwa langkah-langkah yang akan diambil dengan AS di utara Suriah setelah pendirian pusat operasi bersama, akan sejalan dengan semangat aliansi dan kemitraan strategis.

Dia memperingatkan bahwa jika pemahaman dengan AS tentang zona aman tidak berhasil, Turki akan secara sepihak merancang rencana alternatif di utara Suriah.

“Sebut saja rencana B atau rencana C, jika semuanya tidak berhasil, kami akan mengambil jalan lain untuk kegiatan dan tindakan sepihak di utara Suriah,” kata Akar.

Pada hari Rabu, pejabat militer Turki dan AS sepakat untuk mendirikan zona aman dan mengembangkan koridor perdamaian untuk memfasilitasi pergerakan pengungsi Suriah yang ingin kembali ke rumah mereka. Mereka juga sepakat untuk mendirikan pusat operasi bersama. [Yeni Safak]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via