Ishak Pasha: Sebuah istana Ottoman di bukit Anatolia

TURKINESIA.NET – AGRI. Istana Ishak Pasha di sebelah timur Provinsi Agri, merupakan salah satu contoh paling terkenal dari arsitektur Ottoman abad ke-18. Dilansir Anadolu Agency dari situs web Kebudayaan dan Pariwisata Turki, istana yang berdiri di area seluas 7.600 meter persegi itu merupakan salah satu arsitektur terhormat dan termegah Turki abad ke-18.

Istana Ishak Pasha, atau dalam bahasa Turki disebut Ishak Pasha Sarayi, telah berdiri berabad-abad lamanya, semenjak kejayaan Islam di bawah kesultanan Ottoman. Dibangun pada 1685 hingga 1784 oleh Ishak Pasha, istana yang berada di dekat perbatasan Turki dan Iran ini masih berdiri megah hingga kini.

“İshak Paşa Palace juga penting dalam hal menjadi satu-satunya istana [Ottoman] di Anatolia,” kata Yusuf Çetin, seorang profesor di Iğdır University, kepada Anadolu Agency.

Çetin mengatakan bahwa Istana İshak Paşa mencakup tidak hanya arsitektur Ottoman tetapi juga arsitektur Seljuk dan tradisi seni Kaukasia.

Istana yang terletak di sebuah bukit berjarak lima kilometer di timur distrik Doğubayazıt telah masuk dalam Daftar Warisan Dunia Tentatif UNESCO pada 2 Februari 2000.

Istana yang berusia 235 tahun ini memiliki 116 kamar, pusat sistem pemanas, dan sistem toilet gaya lama.

“(istana) Ini memiliki semacam sistem pemanas yang terdiri dari pipa-pipa tanah liat yang dipasang di dinding untuk menyediakan sirkulasi air panas. Ciri menarik lain dari istana adalah memiliki toilet yang nyaman yang tidak dapat Anda lihat bahkan di istana-istana Eropa pada masa itu,” Çetin kata.

Cetin mengatakan sejarah berusia 3.000 tahun dari distrik Doğubayazıt juga layak untuk ditelaah. []

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via