Indonesia targetkan kunjungan 25 ribu wisatawan Turki tahun ini

TURKINESIA.NET – JAKARTA. Indonesia menargetkan 25 ribu wisatawan Turki berkunjung ke Indonesia pada tahun ini.

Asisten Deputi Direktur Pemasaran Area IVB Kementerian Pariwisata Tetra Tianiafi mengatakan Indonesia tengah mengembangkan promosi pariwisata di Turki dan Eropa Timur.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik jumlah kunjungan wisatawan Turki ke Indonesia pada tahun lalu baru menembus 14 ribu orang.

Selama ini, sambung dia, promosi pariwisata Indonesia di Eropa lebih berfokus di Jerman, Belanda, Perancis, Inggris, dan Rusia.

Indonesia mengundang sejumlah agen wisata dari Turki, Serbia, dan Bulgaria untuk berkunjung selama delapan hari ke Jakarta, Semarang, dan Yogyakarta.

Melalui kunjungan ini, Kementerian Pariwisata memfasilitasi agen wisata dari tiga negara tersebut untuk bertemu dengan jejaring pelaku wisata di Indonesia.

“Kunjungan ini bisa memperkenalkan mereka ke produk wisata Indonesia yang bisa dijual dalam paket-paket wisata,” kata Tetra ketika ditemui di Jakarta, Rabu.

Pemerintah melalui kunjungan ini juga menunjukkan sejumlah produk wisata luxury di Jakarta, Yogyakarta, dan Semarang yang sesuai dengan karakteristik wisatawan asal Eropa dan sekitarnya.

Di antara tempat yang akan mereka kunjungi yakni Hotel Kempinski Jakarta, Museum Nasional, Candi Prambanan, dan Candi Ratu Boko.

“Selama ini wisatawan dari Turki lebih banyak ke Bali, jadi kami ingin mengembangkan destinasi lain dimulai dari Pulau Jawa dan daerah lain,” ujar Tetra.

Program ini juga bertujuan memberi gambaran tentang value for money untuk produk-produk wisata yang ada di Indonesia.

Promosi pariwisata terhadap wisatawan asal Turki, sambung dia, juga berpotensi berkembang dengan adanya penerbangan langsung dari Istanbul ke Jakarta menggunakan maskapai Turkish Airline.

Selain itu, Turkish Airline berencana membuka penerbangan langsung dari Istabul ke Denpasar, Bali pada Juli 2019 mendatang.

Di samping Turki, Kementerian Pariwisata juga menargetkan kunjungan 10 ribu wisatawan mancanegara asal Bulgaria dan 7 ribu wisatawan asal Serbia.

BPS mencatat kunjungan wisman asal Bulgaria pada tahun lalu baru menembus angka 4 ribu orang dan 2.500 orang dari Serbia.

Indonesia menerima kunjungan 15,81 juta wisatawan mancanegara sepanjang 2018 lalu.

Jumlah tersebut meningkat 12,58 persen dibandingkan tahun sebelumnya meski tidak mencapai target pemerintah sebesar 17 juta orang.

Kementerian Pariwisata kemudian menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun ini. [Anadolu Agency]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via