Hormati pasukan Ottoman yang gugur, Azerbaijan dirikan monumen

TURKINESIA.NET – BAKU. Sebuah tugu peringatan yang didedikasikan untuk sembilan tentara yang gugur dari Pasukan Islam Kaukasus yang ikut membela penduduk Azerbaijan dari penjajahan Bolshevik dan serbuan Armenia pada 1918 telah didirikan di Baku, Azerbaijan.

Makam para prajurit yang telah dijaga oleh penduduk setempat selama berabad-abad di kota Digah dekat Baku, dipugar dan diubah menjadi sebuah monumen bertuliskan bendera Turki dan Azerbaijan.

Duta Besar Turki untuk Baku, Erkan Özoral melakukan kunjungan kehormatan ke Gubernur Irher Gulmemmedova untuk berterima kasih kepada pemerintah atas kesetiaannya kepada tentara Turki yang gugur.

“Kami menganggap untuk menghormati mengingat tentara Turki yang membela tanah Azerbaijan sebagai hutang,” kata Gulmemmedova selama kunjungan itu.

Ozoral juga mencatat bahwa jumlah terbesar kuburan tentara yang gugur di luar Turki ada di Azerbaijan.

Tentara Islam Kaukasus didirikan atas perintah Menteri Perang Ottoman Enver Pasha pada Juli 1918. Unit militer itu mencakup 12.000 tentara dengan tambahan milisi Azerbaijan. Tentara membebaskan ibukota Baku dari misi militer Inggris yang dipimpin oleh Jenderal Inggris Lionel Dunsterville pada 15 September 1918. Tentara itu juga merebut kembali kota-kota lain selama konflik yang menelan korban 1.130 prajuritnya. Saat ini, puluhan kuburan dan pemakaman tentara yang gugur terletak di Azerbaijan. [Daily Sabah]

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via