m
Popular Posts
Follow Us
HomeBeritaGunung strategis Bursaya berhasil dikuasai oleh militer Turki dan FSA

Gunung strategis Bursaya berhasil dikuasai oleh militer Turki dan FSA

Turkinesia.net – Pasukan Turki dan Pasukan Pembebasan Suriah (FSA) pada hari Minggu berhasil menguasai gunung Bursaya di Afrin, Suriah.

Pegunungan tersebut selama ini digunakan oleh teroris PYD/PKK sebagai puncak strategis untuk melancarkan serangan terhadap warga sipil di Turki dan Suriah.

Penguasaan terhadap gunung tersebut terjadi setelah pasukan Turki dan pejuang FSA di bawah Operasi Olive Branch yang dipimpin Turki bergerak maju dari kota Azaz di Suriah barat laut. Pertempuran juga dibantu dengan serangan udara dari jet-jet tempur Turki.

Teroris PYD / PKK telah menggunakan Mt. Bursaya untuk menargetkan warga sipil di pusat provinsi Kilis Turki dan distrik Azaz Suriah dengan peluru mortir, artileri, dan rudal.

Pada hari Rabu dua warga sipil terbunuh oleh serangan PYD/PKK di sebuah masjid di Kilis, dan pada Sabtu setidaknya tiga warga sipil, termasuk seorang anak-anak, terluka oleh serangan teroris PYD/PKK terhadap Kilis dan Hatay.

Menghilangkan teroris dari gunung Bursaya telah membantu Turki mengurangi ancaman teror di perbatasannya dan melindungi warga sipil di Suriah.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada sebuah pertemuan publik pada hari Ahad lalu bahwa, para komandan di lapangan mengatakan pendudukan gunung tersebut akan terjadi dalam waktu dekat.

Turki meluncurkan Operation Olive Branch pada 20 Januari untuk membebaskan Afrin, Suriah bagian barat laut dari PYD/PKK dan teroris Daesh.

Menurut Staf Jenderal Turki, operasi tersebut bertujuan untuk membangun keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan Turki dan wilayah tersebut serta melindungi orang-orang Suriah dari penindasan dan kekejaman teroris.

Operasi tersebut dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, resolusi Dewan Keamanan PBB, hak pembelaan diri berdasarkan piagam PBB, dan penghormatan terhadap integritas wilayah Suriah, katanya.

Afrin telah menjadi tempat persembunyian utama bagi PYD/PKK sejak Juli 2012 ketika rezim Assad di Suriah meninggalkan kota ke kelompok teror tanpa perlawanan.

Anadolu Agency

Rate This Article:
No comments

leave a comment