Festival balon udara internasional, langit Cappadocia terlihat memukau

TURKINESIA.NET – NEVSEHIR. Lusinan balon udara menghiasi langit di atas Cappadocia, sebagai bagian dari festival internasional yang sedang berlangsung. Cappadocia merupakan pusat wisata menawan yang terkenal karena ‘cerobong peri’.

Cerobong peri atau fairy chimney terbentuk karena gejala alam yang menghaluskan permukaan atap-atap rumah hingga menghasilkan bentuk-bentuk aneh beraneka ragam seperti topi, kerucut, runcing dan jamur.

Festival Balon Udara Internasional Cappadocia berlangsung antara 3-7 Juli, menghadirkan balon warna-warni yang menampilkan berbagai tokoh dari hampir selusin negara.

Lebih dari 10 negara, termasuk AS, Spanyol, Inggris, Brasil, dan Meksiko, mendaftar untuk acara tersebut, yang diselenggarakan oleh Urgup Municipality di provinsi Nevsehir.

Turis domestik dan asing, serta penduduk setempat, menunjukkan minat besar pada festival yang berlangsyng selama lima hari.

Gubernur Nevsehir Ilhami Aktas menggarisbawahi pentingnya festival untuk mempromosikan wilayah.

Aktas menyatakan bahwa Cappadocia adalah pusat bisnis balon udara, “Festival yang sangat ditunggu-tunggu di Cappadocia dimulai kemarin [Rabu] malam. Sampai hari ini, terbang akan terus berlanjut dengan partisipasi berbagai figur balon udara.”

Cappadocia terkenal karena kerucut vulkanik “peri” yang unik, lembah, kota bawah tanah, dan rumah-rumah yang diukir di batu, serta gereja-gereja, kapel, dan tempat penampungan yang digunakan oleh orang-orang Kristen terdahulu yang melarikan diri dari Kekaisaran Romawi. Wilayah ini dilestarikan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO. [Anadolu Agency]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via