Erdogan: Pembelian S-400 tak terkait NATO dan F-35

TURKINESIA.NET – ANKARA. Pembelian sistem pertahanan rudal S-400 oleh Turki dari Rusia “tak terkait” dengan NATO, jet tempur F-35 atau keamanan AS, ujar Presiden Recep Tayyip Erdogan, Sabtu [09/03/2019].

“Semua orang tahu masalah ini tak ada sangkut pautnya dengan proyek NATO dan F-35, juga keamanan AS,” kata Erdogan dalam pertemuan Yayasan Pemuda Turki (TUGVA) di sebelah tenggara Provinsi Diyarbakir.

Erdogan mengatakan Turki memperoleh tekanan terkait pembelian sistem pertahanan udara S-400, “Ini bukan soal S-400. Ini karena Turki mengambil keputusan dengan kehendak sendiri demi perkembangan regional, khususnya Suriah.”

“[menjadi] Jelas mengapa Turki membeli sistem pertahanan udara ini dan bagaimana kami akan menggunakannya,” tambah dia.

Erdogan juga mengatakan bahwa persoalan ini akan dirampungkan lewat logika dan akal sehat.

Setelah upaya berlarut-larut untuk membeli sistem pertahanan udara dari AS tanpa hasil, pada 2017 Ankara memutuskan untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 Rusia.

Langkah ini dikritik oleh Pentagon, yang memperingatkan bahwa pembelian S-400 akan merugikan hubungan Turki-AS, terkait peran Turki dalam NATO.

Ankara juga berencana untuk membeli 100 jet tempur F-35 dari persetujuan kongres AS yang tertunda, dan saat ini pilotnya tengah berlatih platform senjata di Pangkalan Angkatan Udara Luke di Arizona.

Perusahaan-perusahaan Turki juga memasok program F-35 dengan komponen-komponen utama, termasuk struktur dan rakitan badan pesawat. [Anadolu Agency]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via