Erdogan pecat Gubernur Bank Sentral Turki karena menetapkan suku bunga tinggi

TURKINESIA.NET – ANKARA. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Rabu [10/07] mengatakan Turki mungkin menghadapi masalah jika bank sentral tidak dirombak.

Pernyataan tersebut disampaikan kepada wartawan di pesawatnya saat kembali ke Turki dari perjalanan ke Bosnia.

Dia juga mengatakan bahwa Turki dapat menghadapi masalah serius jika bank sentralnya tidak sepenuhnya direvisi setelah pemberhentian gubernur Murat Cetinkaya.

Keputusan presiden pada hari Sabtu menunjukkan Cetinkaya, yang masa jabatannya empat tahun akan berlangsung hingga 2020, telah digantikan oleh wakilnya Murat Uysal.

Tidak ada alasan resmi diberikan untuk pemecatan itu, tetapi sumber-sumber pemerintah menyatakan karena bank telah mempertahankan suku bunga acuannya pada 24 persen sejak September untuk mendukung lira yang lesu, bahkan ketika ekonomi tergelincir ke dalam resesi.

Erdogan mengatakan Cetinkaya telah membuat keputusan dengan harga tinggi yang dibayarkan dan dia tidak mengilhami kepercayaan pasar, kata Haberturk.

“Bank sentral adalah elemen paling penting dalam pilar keuangan ekonomi,” kata Erdogan. “Jika kita tidak merevisinya sepenuhnya, jika kita tidak meletakkannya di atas fondasi yang kuat, kita mungkin menghadapi hidup dengan masalah serius.”

“Yang paling penting, dia tidak menginspirasi kepercayaan pada pasar. Komunikasinya dengan pasar tidak baik,” tambahnya.

Erdogan yang kerap mengkritik suku bunga tinggi, sering menyerukan suku bunga rendah untuk mendorong perekonomian.

Erdogan mengatakan bahwa ia menekankan stabilitas dan ketegasan dalam langkah-langkah tentang masalah keuangan.

Dia mengatakan Cetinkaya telah memangkas jumlah pertemuan komite kebijakan moneter (MPC) setiap tahun, hanya delapan kali pada tahun ini. Sebelum perubahan kebijakan, pertemuan diadakan setiap bulan.

“Mereka tidak bertanya kepada kami tentang hal-hal ini, mereka melakukannya atas kemauan sendiri,” kata Erdogan.

Presiden Turki tersebut menambahkan bahwa Cetinkaya juga telah membuat perubahan organisasi pada bank, dengan mendirikan direktorat.

Cetinkaya menaikkan suku bunga acuan dengan total 11,25 poin persentase tahun lalu menjadi 24% sekarang. [Yeni Safak]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via