Erdogan: Kesepakatan S-400 Rusia tidak bisa dibatalkan

TURKINESIA.NET – ANKARA. Presiden Turki, pada hari Kamis [14/03/2019], mengatakan negaranya tidak akan mengubah kesepakatannya untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 Rusia.

“Kami menyelesaikan bisnis ini. Bagi kami, mundur selangkah di sini tidak mungkin,” kata Recep Tayyip Erdogan kepada saluran berita Haberturk tentang pembelian itu.

Dia mengatakan Rusia akan mengirim rudal pada Juli.

Dia menambahkan Turki juga tidak tertutup terhadap tawaran dari AS untuk membeli sistem pertahanan udara Patriot.

Pejabat AS menyarankan agar Turki membeli rudal Patriot AS daripada sistem Rusia, dengan alasan S-400 tidak kompatibel dengan sistem NATO.

Tetapi para pejabat Turki membantah bahwa Ankara tidak akan kembali pada perjanjiannya dengan Rusia, bahkan jika mereka juga akan membeli Patriot, dan juga mengeluh bahwa sampai sekarang sekutu-sekutunya tidak mau menjualnya pertahanan misil.

Rudal Patriot digunakan untuk tujuan pertahanan untuk menembak jatuh rudal yang masuk dan menyerang pesawat.

Mengenai ekonomi, Erdogan mengatakan meskipun ada tantangan yang meningkat dalam ekonomi global, Turki memiliki kapasitas untuk menunjukkan “tingkat pertumbuhan positif” yang dimulai pada kuartal kedua.

“Kami telah meninggalkan krisis,” tegas dia.

Erdogan mengatakan pembangunan Turki tahun ini lebih baik.

Menanggapi pertanyaan mengenai Perdana Menteri Israel Binyamin Netanyahu, Erdogan mengatakan bahwa perdana menteri Israel dituduh korupsi dan penyuapan menjelang pemilihan mendatang di Israel.

“Anda cukup kejam untuk menganiaya wanita dan anak-anak di sana [Palestina],” kata Erdogan dan mengkritik tentara Israel yang katanya mengganggu tanah suci Muslim dengan sepatu bot mereka. [Anadolu Agency]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via