Erdogan: Genosida Srebrenica tak akan terlupakan sepanjang sejarah

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Memperingati 24 tahun genosida Srebrenica pada Kamis, Presiden Turki mengungkapkan bahwa sejarah tidak akan pernah melupakan peristiwa pembantaian itu.

“Genosida Srebrenica, yang terjadi di depan mata Eropa dan merenggut 8.372 nyawa tidak bersalah, tidak akan pernah dilupakan sepanjang sejarah,” kata Recep Tayyip Erdogan melalui Twitter.

Dalam tulisannya, Erdogan juga menyampaikan belasungkawa kepada orang-orang Bosnia dan mendoakan belas kasihan Tuhan kepada mereka yang menjadi martir dalam insiden tersebut.

Lebih dari 8.000 pria dan anak laki-laki Muslim Bosnia tewas dibunuh pasukan Serbia Bosnia setelah mereka menyerang “kawasan aman” PBB di Srebrenica pada Juli 1995, meskipun pada saat itu ada pasukan Belanda yang bertindak sebagai pasukan perdamaian internasional.

Srebrenica dikepung oleh pasukan Serbia yang mencoba merebut wilayah dari Muslim Bosnia dan Kroasia dalam upaya untuk menciptakan negara mereka sendiri.

Dewan Keamanan PBB telah menyatakan Srebrenica sebagai “zona aman” pada musim semi 1993. Namun, pasukan Serbia yang dipimpin oleh Jenderal Ratko Mladic – yang kini menghadapi tuduhan genosida di Den Haag – menyerbu zona PBB meskipun sekitar 450 tentara Belanda berada di sana untuk melindungi warga sipil tak berdosa sebagai pasukan penjaga perdamaian PBB.

Sekitar 15.000 warga Srebrenica melarikan diri ke pegunungan di sekitarnya, tetapi pasukan Serbia terus memburu mereka dan membunuh 6.000 orang di dalam hutan. [Anadolu Agency]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via