Erdogan: Dunia begitu cepat melupakan balita Aylan Kurdi

TURKINESIA.NET – WASHINGTON. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengkritik sikap lamban masyarakat internasional dalam menyelesaikan masalah pengungsi. Erdogan mengatakan bahwa dunia dengan cepat melupakan balita Suriah Aylan Kurdi dan tidak mengambil tindakan yang diperlukan untuk mencegah terulangnya tragedi semacam itu.

Aylan Kurdi adalah bayi laki-laki berusia tiga tahun yang tewas tenggelam ketika berupaya mencapai pantai Turki tahun 2015 lalu. Foto jenazah bayi itu menimbulkan kemarahan dan menarik perhatian dunia atas nasib para pengungsi.

Dunia seharusnya “tidak pernah lupa dengan bayi Aylan,” ujar Erdogan.

Pernyataan tersebut disampaikan Erdogan dalam pidato pada hari Selasa [24/09] di depan Majelis Umum PBB pada sesi ke-74 di New York.

“Jangan lupa waktu akan berubah dan Anda juga berada dalam situasi yang sama,” kata Erdogan.

Erdogan menunjukkan bahwa selama 8 bulan pertama tahun ini Turki  telah menyelamatkan 32.000 migran gelap dari tenggelam dan mengirim 58 ribu migran non-Suriah ke negara mereka pada periode ini.

Erdogan menyerukan seluruh dunia untuk mengambil inisiatif untuk menghentikan krisis kemanusiaan di Suriah dan mendukung upaya Turki.

Mengenai area aman di utara Suriah, Erdogan mengatakan bahwa 3 juta pengungsi Suriah dapat dipulangkan jika area aman diperluas.

“Jika area aman diperluas ke garis Deir ez-Zor-Raqqa, kita dapat meningkatkan jumlah warga Suriah yang akan kembali dari negara kita, Eropa, dan seluruh dunia menjadi 3 juta.”

Presiden Turki mengatakan bahwa negaranya tidak dapat menahan gelombang imigrasi baru dari Suriah, dan menunjukkan bahwa pembentukan stabilitas di Suriah akan mencerminkan secara positif pada Irak juga. [Daily Sabah Arabic]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via