m
Popular Posts
Follow Us
HomeBeritaErdogan dukung rakyat banyak anak, jumlah kelahiran di Turki tahun 2017 meningkat drastis

Erdogan dukung rakyat banyak anak, jumlah kelahiran di Turki tahun 2017 meningkat drastis

Turkinesia.net – Angka yang didata oleh lembaga negara Anadolu Agency (AA) menunjukkan bahwa populasi Turki tumbuh menjadi 82,8 juta pada tahun 2017, lebih tinggi 3 juta daripada jumlah yang diumumkan pada bulan Desember 2016.

Pertumbuhan penduduk mungkin merupakan kabar baik bagi pemerintah yang telah berusaha mengatasi masalah populasi yang menua. Proyeksi yang dibuat sebelumnya oleh Turkish Statistical Institute (TurkStat) menunjukkan bahwa populasi lansia akan meningkat menjadi 10,2 persen pada tahun 2023 dan diperkirakan akan meningkat lebih jauh lagi pada dekade berikutnya.

Kenaikan populasi tampaknya menunjukkan tren baru karena populasi 2016 hanya sekitar 1 juta lebih tinggi dari pada tahun 2015.

Kebijakan pemerintah untuk memberikan bantuan kepada keluarga yang memiliki banyak anak dan anjuran Presiden Recep Tayyip Erdoğan kepada pengantin baru untuk memiliki setidaknya tiga anak mungkin telah berperan dalam meningkat pesat jumlah penduduk Turki.

Untuk mendukung wanita agar tetap bias berkarir, pemerintah Turki juga memberikan gaji kepada nenek yang merawat cucu mereka yang berusia antara 2 hingga 5 tahun.

Tahun lalu Presiden Erdogan menyerukan warga Turki di Eropa agar mempunyai lima anak dan menyebut mereka sebagai masa depan benua Eropa.

“Dari sini saya mengatakan pada warga negara saya, saya mengatakan pada saudara-saudari saya di Eropa… Didik anak-anak kalian di sekolah-sekolah yang lebih baik, pastikan keluarga kalian tinggal di wilayah-wilayah yang lebih baik, berkendara dengan mobil terbaik, tinggal di rumah terbaik,” ujar Erdogan dalam pidatonya di Eskisehir, sebuah kota yang berada di sebelah selatan Istanbul.

“Punya lima anak, bukan tiga. Kalian adalah masa depan Eropa. Inilah jawaban terbaik atas kekasaran yang ditunjukkan pada kalian, permusuhan, kesalahan-kesalahan,”

Beliau juga mengatakan perempuan yang menolak takdir keibuannya adalah perempuan kekurangan dan tidak lengkap. Erdogan mendukung karir profesional sukses perempuan. Tapi ia mengatakan, hal tersebut tidak harus menjadi hambatan untuk memiliki anak. Pernyataan tersebut ia lontarkan saat memberi sambutan dalam konferensi Asosiasi Perempuan Turki dan Demokrasi.

Beliaujuga pernah mengatakan bahwa keluarga Muslim seharusnya tidak melakukan batasan kelahiran atau program keluarga berencana. Ia meminta Muslim menentang kontrasepsi dan memiliki lebih banyak anak.

“Kami akan memperbanyak keturunan,” kata Erdogan yang merupakan ayah dari empat orang anak.

 

Rate This Article:
No comments

leave a comment