Erdogan: AKP akan evaluasi hasil Pemilu untuk ambil langkah ke depan

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Presiden Recep Tayyip Erdoğan mengatakan hasil awal pemilihan lokal 31 Maret menunjukkan bahwa Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa menjadi pemenang pemilihan kota dengan perolehan suara “mayoritas seperti ketika partai kami berkuasa pada 3 November, 2002.”

“Kami, sebagai AKP, telah keluar dari pemilihan ini sebagai partai terkemuka oleh mayoritas. Dalam hal aliansi juga, kami, bersama dengan Partai Gerakan Nasionalis [MHP], juga menjadi terdepan. Kami, sebagai AKP, telah kehilangan beberapa kotamadya,”kata Erdogan akhir 31 Maret di Istanbul, sebelum berangkat ke ibukota Ankara, di mana ia mengatakan akan menyampaikan pidato di balkon kantor pusat AKP.

“Kami akan menerima bahwa kami telah memenangkan hati rakyat kami di tempat-tempat di mana kami menang, dan kami tidak cukup berhasil di tempat-tempat di mana kami kalah, dan kami akan memutuskan rencana tindakan yang sesuai,” katanya.

“Hasil [pemilihan] ini telah menunjukkan bahwa saudara-saudara Kurdi kita tidak menyerahkan keinginan mereka kepada organisasi teror maupun kepada mereka yang telah mengambil dukungan dari organisasi teror,” kata Erdogan, merujuk pada PKK.

AKP memimpin dalam pemilihan kota, setelah memenangkan banyak provinsi di Anatolia Tengah, tetapi mungkin kehilangan kendali atas ibukota dalam pemungutan suara. [Daily Sabah]

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via