Ekspor Indonesia ke Turki anjlok 18,34% pada Juni

TURKINESIA.NET – JAKARTA. Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor Indonesia ke Turki pada Juni 2019 turun sebesar 18,34 persen bila dibandingkan bulan sebelumnya.

Total ekspor Indonesia ke Turki pada Juni sebesar USD88,51 juta, sementara pada Mei mencapai USD108,39 juta dan seluruh ekspor Indonesia ke Turki merupakan nonmigas tanpa ada ekspor migas.

Sedangkan secara tahunan, ekspor Indonesia ke Turki pada Juni tahun ini meningkat 1,13 persen dari periode yang sama tahun lalu yang sebesar USD87,52 juta.

Bila dilihat secara akumulatif sejak Januari hingga Juni tahun ini, total ekspor Indonesia ke Turki mencapai USD577,87 juta, lebih rendah 18,37 persen dari periode yang sama tahun lalu sebesar USD707,9 juta.

Penurunan ekspor Indonesia ke Turki pada Juni ini seiring dengan melemahnya total ekspor Indonesia akibat libur Ramadhan dan Idul Fitri yang cuku panjang.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan tren ekspor pada Juni memang rendah dalam tiga tahun terakhir.

“Secara keseluruhan total ekspor Indonesia ke semua negara selama Juni USD11,78 miliar, turun 20,54 persen dibandingkan bulan Mei,” ujar Suhariyanto di Jakarta, Senin.

Ekspor Indonesia pada Juni juga lebih rendah 8,98 persen dari Juni tahun lalu yang sebesar USD12,94 miliar. [Anadolu Agency]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via