Dewan Pemilihan Umum Turki umumkan pemungutan suara ulang di Istanbul

TURKINESIA.NET – ANKARA. Dewan Pemilihan Umum Turki (YSK) pada hari Senin [07/05] mengumumkan bahwa pemilihan ulang di Istanbul akan diadakan pada 23 Juni.

Anggota dewan menerima keberatan Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) atas hasil pemilihan lokal di Istanbul dengan tujuh suara mendukung dan empat menentang.

Menurut YSK, keputusan itu diambil karena sejumlah pejabat dan staf pemungutan suara yang bertugas selama pemilihan bukan pegawai negeri, sehingga dianggap melanggar hukum.

Dewan pemilihan telah memutuskan untuk mengajukan pengaduan pidana terhadap ketua dan anggota dewan pemilihan distrik, pelaksana pemilihan dan orang-orang lain yang bertanggung jawab untuk menunjuk staf pemungutan suara secara tidak sah.

Sertifikat walikota milik Ekrem Imamoglu, kandidat oposisi utama Partai Rakyat Republik (CHP) juga telah dibatalkan oleh YSK.

“Dengan keputusan ini, permintaan kami untuk pemilihan ulang telah dibenarkan,” kata Recep Ozel, perwakilan Partai AK di dewan pemilihan.

YSK juga menolak keberatan atas hasil pemilihan di distrik Maltepe dan Buyukcekmece Istanbul.

Presiden Recep Tayyip Erdogan memimpin rapat Dewan Eksekutif Pusat Partai AK pada Senin.

Oposisi utama Partai Rakyat Republik (CHP) akan mengadakan pertemuan majelis luar biasa pada Selasa di bawah kepemimpinan ketua partai Kemal Kilicdaroglu.

Jutaan pemilih Turki memberikan suara mereka pada 31 Maret dalam pemilihan lokal untuk memilih walikota, anggota dewan kota dan pejabat lainnya untuk masa jabatan lima tahun ke depan. [Anadolu Agency]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via