m
Terpopuler
Follow Us
HomeBeritaBocorkan pembicaraan Turki-Rusia ke sekte sesat Harun Yahya, seorang penerjemah diselidiki

Bocorkan pembicaraan Turki-Rusia ke sekte sesat Harun Yahya, seorang penerjemah diselidiki

Harun Yahya ditangkap

TURKINESIA.NET – ANKARA. Seorang warga Rusia yang bekerja sebagai penerjemah bagi Kementerian Luar Negeri Turki dalam pertemuan-pertemuan di Rusia berada di bawah penyelidikan kriminal atas tuduhan membocorkan informasi ke sekte bayangan yang dipimpin oleh Adnan Oktar alias Harun Yahya, yang menghadapi tuduhan mata-mata internasional, pelecehan seksual serta kejahatan terorganisir.

Berdasarkan sebuah laporan oleh harian Turki Akşam, mantan anggota sekte kontroversial Harun Yahya bersaksi bahwa penerjemah yang dikontrak diidentifikasi sebagai Leyla O., telah membocorkan transkrip dan rincian pertemuan antara Menteri Luar Negeri Turki Mevlüt Çavuşoğlu, delegasi Turki dengan pihak Rusia.

Di komputer juga ditemukan  beberapa nama korespondensi penting yang dekat dengan Oktar, yang mengungkapkan rincian pertemuan antara penerjemah dan sekte tersebut.

Dalam pernyataan pengakuan dikatakan bahwa Leyla O. juga berhubungan dengan beberapa nama lain yang dekat dengan Oktar di Moskow.

Sebagai tindak lanjut pernyataan tersebut, kantor kejaksaan meminta informasi dari Kementerian Luar Negeri mengenai penerjemah. Kementerian belum menjawab permintaan itu.

Oktar ditangkap pada Juli bersama dengan 168 orang lainnya karena diduga melakukan banyak kejahatan. Setelah penangkapannya, tuduhan beredar di gerai-gerai berita Turki bahwa Oktar dan sektenya terlibat dalam spionase atas nama AS dan Israel.

Kelompoknya telah dituduh melakukan kejahatan termasuk mendirikan organisasi kriminal, pelecehan seksual terhadap anak-anak, hubungan seksual dengan anak di bawah umur, penculikan, pemerasan, melanggar hukum pajak, spionase dan melanggar undang-undang anti-terorisme. [DS]

 

Facebook Comments

Rate This Article: