AS: Ada konsekuensi berat jika Turki bersikeras beli S-400

TURKINESIA.NET – WASHINGTON. Amerika Serikat memperingatkan akan ada “konsekuensi serius” jika Turki bersikeras membeli sistem pertahanan rudal S-400 Rusia.

Juru bicara Pentagon Charles Summers mengatakan keputusan Turki dapat mempengaruhi kesepakatan jual-beli pesawat tempur F-35 dan sistem rudal Patriot.

“Jika Turki tetap membeli S-400, akan ada konsekuensi besar dalam hubungan militer dan dengan Patriot dan F-35,” jelas dia.

Awal pekan ini, Jenderal Curtis Scaparrotti mengatakan kepada komite Senat bahwa dia berharap Turki akan mempertimbangkan kembali keputusannya untuk membeli sistem S-400.

Setelah upayanya untuk membeli sistem pertahanan udara dari AS tak kunjung membuahkan hasil, Ankara memutuskan untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia pada 2017.

Langkah itu dikritik oleh Pentagon, yang memperingatkan bahwa pembelian S-400 akan merugikan hubungan Turki-AS dan mengancam peran Turki di NATO.

Sementara itu, Turki telah menegaskan bahwa Ankara tidak akan membatalkan perjanjiannya dengan Rusia, bahkan meskipun mereka sudah membeli sistem rudal Patriot.

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar bahkan menekankan “pembelian S-400 dari Rusia bukanlah pilihan, melainkan kebutuhan”.

Menurut Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, Ankara dan Washington telah mulai merundingkan jual-beli sistem pertahanan rudal Patriot sejak pekan lalu.

Pada Desember, Departemen Luar Negeri menyetujui rencana penjualan Patriot senilai USD3,5 miliar ke Turki, yang mencakup sistem radar canggih, pusat kendali, sistem peluncuran, dan peluru kendali.

Ankara berencana membeli 100 pesawat tempur F-35 dan para pilotnya saat ini tengah menjalani pelatihan di Pangkalan Angkatan Udara Luke di Arizona.

Perusahaan-perusahaan pertahanan Turki juga memfasilitasi program F-35 dengan memasok komponen-komponen utama, termasuk struktur badan pesawat.

Pada Rabu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan Ankara sudah menyelesaikan kesepakatan pembelian sistem rudal S-400 dari Rusia, dan bahwa di masa depan juga akan mengupayakan S-500, sistem rudal Rusia generasi berikutnya. [Anadolu Agency]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via