Thursday, April 25, 2019
Politik

76,41 persen WNI Turki sudah ke TPS

340views

TURKINESIA.NET – JAKARTA. Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) mengungkapkan 76,41 persen dari total 249 WNI yang terdaftar di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Ankara, Turki, telah menggunakan hak pilihnya.

Sementara 705 WNI lainnya, kata Ketua PPLN Ankara Siti Aisyah, memberikan suara lewat pos.

“Rencananya PPLN Ankara akan melakukan penghitungan suara pada 17 April 2019, berbarengan dengan penghitungan suara di tanah air,” ujar Siti, Senin, dalam keterangannya.

Siti menuturkan tingginya antusiasme WNI dalam memberikan suara. Ada banyak pemilih, yang sebagian besar mahasiswa, datang ke TPS meski tempat tinggal mereka jauh.

Di antaranya, lanjut Siti, adalah Mohan, mahasiswa Universitas Recep Tayyib Erdogan,

bersama 10 orang rekannya, yang menempuh perjalanan 900 km dari Kota Rize selama 12 jam.

“Jarak mereka lebih dekat ke ibu kota Georgia, Tiblsi, atau ibu kota Kurdistan, Erbil, sayang di kedua kota itu tidak ada TPS,” terang Siti.

Siti juga menyebutkan rombongan mahasiswa yang datang dari Sakarya dan harus menempuh perjalanan selama empat jam menggunakan bus.

Salah satu pencoblos di TPS Ankara, tambah Siti, adalah traveler asal Malang, Jawa Timur, bernama Robi.

Bersama istri, imbuh Siti, Robi tengah menjelajah berbagai negara kaukasian dan Asia Tengah.

Mendekati hari pencoblosan, kata Siti, kedua WNI itu menghubungi KBRI Ankara demi terdaftar resmi dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan memanfaatkan surat suara cadangan yang telah disiapkan sebanyak 2 persen.

“Robi bergerak dari Georgia ke Ankara dan menempuh perjalanan darat sejauh 1400 km, hampir 2 hari,” ujar Siti. [Anadolu Agency]

Facebook Comments

Leave a Response

error: Content is protected !!