20.000 masjid di Turki kini ramah bagi penyandang cacat

TURKINESIA.NET – ANKARA. Otoritas Urusan Agama Turki (DİB) mengumumkan bahwa hampir 20.000 masjid di Turki sekarang memiliki akses yang lebih baik bagi kaum disabilitas.

Pada 2012, DİB yang mengawasi masjid-masjid di 81 provinsi di Turki, meluncurkan sebuah inisiatif untuk “masjid ramah-cacat,”. Lift dan pintu masuk yang dimodifikasi dipasang ke tempat-tempat ibadah.

DiB menargetkan setidaknya terdapat satu masjid di setiap kabupaten di setiap provinsi yang sebagian dibangun kembali untuk memenuhi kebutuhan para penyandang cacat. Mereka memasang lift kursi roda, air mancur yang dimodifikasi untuk melakukan wudhu dan toilet untuk orang cacat.

Bünyamin Albayrak, kepala Direktorat Layanan Agama DİB, mengatakan mereka ingin lebih banyak masjid dapat diakses oleh Muslim yang cacat.

“Saat ini, sekitar 20% masjid di Turki dapat diakses oleh penyandang cacat. Seiring dengan lift dan fitur lainnya, kami memiliki 48 masjid di mana ceramah agama disampaikan dalam bahasa isyarat. Kami ingin meningkatkan jumlah ini sebanyak mungkin setiap tahun,” katanya kepada Anadolu Agency (AA).

DİB juga memposting khotbah Jumat dalam bahasa isyarat setiap minggu di akun media sosialnya.

Untuk pendidikan agama, DiB menyediakan kelas-kelas Alquran di seluruh Turki untuk para penyandang cacat. Bünyamin Albayrak mengatakan 2.743 siswa cacat, mulai cacat tunanetra hingga kesulitan belajar, menghadiri kelas-kelas itu. [Daily Sabah]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Share via